Masa Kepemimpinan Al-Mahdi di Akhir Zaman, Berapa Lama?

ilustrasi: fajar.co.id
RASULULLAH ﷺ telah mengabarkan kepada kita bahwa akan tiba sosok manusia yang akan menyelamatkan umat Islam dari kegelapan. Dialah orang yang dijuluki sebagai Al-Mahdi, sang pemimpin akhir zaman. Dia adalah manusia pilihan Allah SWT yang ditetapkan sebagai pemimpin menuju kebenaran juga membantu melawan kekufuran.
Sebagaimana Rasulullah ﷺ bersabda, “Aku sampaikan kabar gembira kepada kalian dengan datangnya Al-Mahdi yang akan diutus (ke tengah-tengah manusia) ketika manusia sedang dilanda perselisihan dan keguncangan-keguncangan. Dia akan memenuhi bumi dengan kejujuran dan keadilan, sebagaimana sebelumnya bumi dipenuhi dengan penganiayaan dan kezaliman. Seluruh penduduk langit dan bumi menyukainya dan dia akan membagi-bagikan kekayaan secara tepat (merata). Begitulah kondisinya waktu itu yang berlangsung selama tujuh, delapan atau sembilan tahun. Kemudian tidak ada kebaikan lagi dalam kehidupan sesudah itu,” (HR. Ahmad dan Tirmidzi).
Lalu, seberapa lama keberadaan Al-Mahdi di bumi yang sesungguhnya?
Terdapat beberapa penafsiran berkaitan dengan masa kepemimpinan Al-Mahdi berdasarkan hadis di atas.
Pertama, Al-Mahdi hanya satu orang figur yang kepemimpinannya selama tujuh tahun atau delapan tahun atau bahkan sembilan tahun yang penuh kedamaian.
Kedua, Al-Mahdi bisa lebih dari satu orang figur , di mana Al-Mahdi I memimpin selama tujuh tahun kemudian meninggal, maka umat mengangkat Al-Mahdi II sebagai penggantinya yang akan memimpin sampai delapan tahun kemudian wafat, dan diganti oleh Al-Mahdi III sampai memimpin selama sembilan tahun. Hal ini didasarkan bahwa Al-Mahdi kemungkinan termasuk dari 12 khalifah yang dinubuatkan Rasulullah, yang mana setiap khalifah tersebut berasal dari keturunan Quraisy.
Ibnu katsir dalam kitabnya an-Nihaayah fil Fitan wal Malaahim menuliskan hadis dari Jabir bin Samurah bahwa Rasulullah bersabda, “Agama ini akan senantiasategak hingga kalian dipimpin oleh 12 khalifah yang mana umat taat kepada mereka.” Dalam riwayat lain dikatakan, “Mereka seluruhnya berasal dari Quraisy.” Yang menjadi pertanyaan adalah sampai saat ini sudah berapa khalifah yang memimpin kaum Muslimin? Yang sudah dianggap sebagai khalifah oleh Kaum Muslimin adalah empat orang yaitu Abu Bakar, Umar ibnul Khaththab, Utsman bin Affan dan Ali.
Ketiga, kepemimpinan Al-Mahdi mulai dari kemunculan (pembaiatan) sampai dia wafat adalah lebih dari tujuh tahun, lebih dari sembilan tahun. Hal ini didasarkan bahwa Al-Mahdi harus membebaskan Jazirah kemudian membebaskan Yaman, memimpin perang di Syam (Israel) di medan Armageddon dan bersama Isa Almasih memerangi Dajjal.
Melihat tugas yang berat itu, maka adalah sangat mungkin bila kepemimpinan Al-Mahdi adalah panjang (lebih dari tujuh atau lebih dari sembilan tahun). Jadi, masa perjuangan Al-Mahdi memimpin umat ini bisa lebih dari tujuh tahun. Adapun masa tujuh atau delapan atau sembilan tahun seperti yang disebutkan dalam hadis di atas adalah masa-masa kemenangan, masa menikmati kemenangan. Di mana seluruh dunia mencintainya, seluruh penduduk langit dan bumi menyayanginya.
Referensi: Armageddon Peperangan Akhir Zaman Menurut Al-Quran, Hadis, Taurat dan Injil/Karya: IR. Wisnu Sasongko, M.T/Penerbit: Gema Insani

No comments: