Tanda Pengenal dan Iuran Freemasonry, Apa?

freemasonry
SETIAP anggota Freemason memperoleh tanda pengenal untuk aktivitasnya. Ada tanda pengenal untuk penobatan, tanda pengenal untuk kenaikan tingkat, tanda pengenal untuk mengetahui anggota baru dan mengetahui setiap sertifikat kenaikan tingkat serta mengetahui orang-orang yang menyusup, lebih-lebih untuk menjadi anggota Freemason.
Tanda pengenal ini bermacam-macam sesuai dengan perbedaan tingkat dan lokasinya. Hal ini tidak berlaku untuk tanda-tanda pengenal bagi acara amal, upacara kematian, upacara pembaptisan dan pesta perkawinan serta kegiatan derma lainnya.
Setiap anggota Freemason mempunyai hak beberapa suara sesuai jumlah iuran yang diberikannya. Dia pun mempunyai gelar-gelar tersendiri, seperti partisipan tahunan, partisipan tetap, dermawan, pemberi sedekah, sosiawan dan pembela.
Orang yang berpredikat memberi sedekah memperoleh lencana bunga mawar terbuat dari sutra. Orang yang memperoleh predikat sosiawan, memperoleh lencana bergambar dua buah mawar dari sutra. Dan orang yang berpredikat pembela memperoleh lencana bergambar tiga bunga mawar dari sutra.

Sumber: FREEMASONRY DI ASIA TENGGARA / Oleh: Abdullah Patani / Tambahan Oleh: Ibnu Mansoer bin Abdullah / Tambahan Akhir Oleh: Agoeng Prabowo / Publikasi Pertama Oleh: Haji Ali bin Haji Sulong / Penerbit: Haji Ali bin Haji Sulong Press Thailand / Penyunting: Ibnu Mansoer bin Abdullah, 1414 Hijriyah / First PDF online edition, 2008

No comments: