Arkeolog Ungkap Pemukiman Zaman Chalcolithic di Yerusalem

Arkeolog yang bekerja di Israel Antiquities Authority telah menemukan sisa-sisa pemukiman dari periode Chalcolithic (lima milenium SM).
Arkeolog Ungkap Pemukiman Zaman Chalcolithic di YerusalemDr. Lupo berada di sebelah sisa-sisa bangunan periode Chalcolithic. (Assaf Peretz/Israel Antiquities Authority)
Pemukiman periode Chalcolithic telah ditemukan oleh tim arkeolog dari Israel Antiquities Authority (IAA) di Shu'fat, lingkungan Arab Palestina dari Yerusalem Timur.
"Masa Chalcolithic dikenal di daerah Negev, dataran pantai, Galilea dan Golan, tapi hampir sepenuhnya tak ada di Yudea Hills dan Yerusalem," kata arkeolog IAA, Dr Omri Barzilai.
"Meskipun dalam beberapa tahun terakhir kami telah menemukan beberapa jejak permukiman Chalcolithic, seperti di Abu Gosh, Motza Junction, dan Holyland di Yerusalem, mereka sangat jarang ditemukan."
"Sekarang, untuk pertama kalinya, kami telah menemukan sisa-sisa yang signifikan dari 7.000 tahun lalu."
Dr. Barzilai dan rekan-rekannya menggali dua tempat tinggal dengan lantai terawat baik yang mengandung berbagai instalasi. Mereka juga menemukan berbagai tembikar, alat-alat batu, dan mangkuk basal.
"Setelah menyelesaikan penggalian di Shu'fat, itu cukup jelas bahwa ada sebuah pemukiman yang berkembang di wilayah Yerusalem di zaman kuno," kata arkeolog IAA, Dr Ronit Lupo.
"Ribuan tahun kemudian, bangunan yang ditemukan adalah standar dengan tidak akan jauh dari arsitektur Yerusalem."
"Penemuan ini merupakan tambahan yang sangat signifikan untuk penelitian kami dari kota dan sekitarnya."
Terlepas dari tembikar, penemuan batu api menarik perhatian bagi kehidupan penduduk lokal di zaman prasejarah.
"Pisau sabit kecil untuk memanen tanaman panen, pahat dan kapak dipoles untuk membangun, penggerek dan jarum, dan bahkan manik terbuat dari akik (batu permata), menunjukkan bahwa perhiasan itu dibuat atau diimpor," kata arkeolog.
"Alat menggiling, mortir dan alu, seperti mangkuk basal, membuktikan keterampilan teknologi serta jenis kerajinan dipraktekkan di masyarakat setempat."
"Kami juga menemukan beberapa tulang domba / kambing dan mungkin ternak; ini akan dianalisis lebih lanjut di laboratorium IAA, memungkinkan kami menemukan kebiasaan makan orang-orang yang tinggal di sini 7.000 tahun lalu, dan meningkatkan pemahaman kita tentang ekonomi di sekitar permukiman. "
(K.N Rosandrani / Enrico De Lazaro / Sci-News

No comments: