Asal Muasal Penciptaan Jin

ilustrasi: image-new.com
ilustrasi: image-new.com
KITA hidup di bumi ini bukan hanya ditemani oleh tumbuhan dan hewan serta alam semesta saja. Melainkan, makhluk-makhluk tak kasat mata pun ikut melengkapi keindahan dunia. Merekalah jin, sosok yang pertama kali diciptakan sebelum Adam AS. Dan penciptaan mereka pun berbeda dengan kita. Seperi apa asal muasal penciptaan mereka?
Banyak sekali ayat Al-Quran dan hadis Rasulullah ﷺ yang secara pasti dan akurat menunjukkan bahwa bangsa jin diciptakan dari api. Allah SWT berfirman, “Dia menciptakan jin dari nyala api,” (QS. Ar-Rahman: 15).
Abdullah bin Abbas RA mengatakan, maksud “dari nyala api” pada ayat di atas adalah “dari nyala api yang murni”. Dalam diwayat lain, Abdullah bin Abbas mengatakan, maksudnya adalah dari ujung jilatannya.
Allah SWT juga berfirman, “Dan Kami telah menciptakan para jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas,” (QS. Al-Hijr: 27).
“Allah berfirman, ‘Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) saat Aku menyuruhmu?’ Iblis berkata, ‘Aku lebih baik darinya (Adam), Engkau menciptakan aku dari api sementara Engkau menciptakannya dari tanah liat’,” (QS. Al-‘Araf: 12).
Bila ada orang masih menyanggah, “Bagaimana Anda bisa menjadikan perkataan iblis sebagai dalil? Bukankah dia adalah pendusta?”
Jawabnya, “Sesungguhnya yang menjadi dalil bukan terletak pada perkataan iblis itu sendiri, tetapi pada penetapan Allah kepadanya akan hal itu. Sebab, Allah tidak akan menetapkan sesuatu yang batil.”
Imam Muslim dan Ahmad meriwayatkan dari Ummul Mukminin Aisyah RA yang berkata, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, “Para malaikat diciptakan dari cahaya, bangsa jin diciptakan dari nyala api, dan Adam diciptakan dari sesuatu yang telah digambarkan kepada kalian (tanah liat),” (HR. Muslim).
Referensi: Ruqyah Jin, Sihir dan Terapinya/Karya: Syaikh Wahid Abdussalam Bali/Penerbit: Ummul Qura

No comments: