Keislaman Abu Bakar ash-Siddiq RA

Pelangi 00
ABU Bakar ash-Shiddiq adalah laki-laki yang pertama kali memeluk Islam, walaupun Khadijah RA lebih dahulu memeluk Islam daripadanya. Adapun dari golingan anak-anak, Ali yang pertama kali memeluk Islam. Sementara Zaid bin Haritsah adalah yang pertama kali memeluk Islam dari golongan budak.
Keisalaman Abu Bakar ash-Shiddik RA paling banyak membawa manfaat besar terhadap Islam dan kaum muslimin dibandingkan dengan keislaman selainnya. Kerena kedudukannya yang tinggi dan semangat serta kesungguhannya dalam berdakwah.
Dengan keislaman Abu Bakar RA maka masuk mengikutinya tokoh-tokoh besar yang mansyhur seperti Abdurrahman bin Auf, Sa’ad bin Abi Waqqas, Usman bin Affan, Zubair bin Awwam, dan Talhah bin Ubaidillah RA.
Di awal keislaman Abu Bakar RA, beliau menginfakkan di jalan Allah apa yang dimilikinya sebanyak 40.000 dirham. Beliau juga banyak memerdekakan budak-budak yang disiksa karena keislamannya di jalan Allah. Seperti Bilal RA.
Abu Bakar RA selalu mengiringi Rasulullah SAW selama di Mekkah, bahkan dialah yang mengiringi Rasulullah SAW ketika bersembunyi dalam gua dan dalam perjalanan hijrah hingga sampai di kota Madinah.
Di samping itu Abu Bakar RA mengikuti selyryh peperangan yang diikuti Rasulullah SAW baik perang Badar, Uhud, Khandaq, Penaklukan kota Makkah, Hunain maupun peperangan di Tabuk. []
Referensi: Al-Bidayah Wan Nihayah Masa Khulafa’ur Rasyidin/Ibnu Katsir/Darul Haq/2002

No comments: