Silsilah Genetika Y-DNA : Nabi Muhammad, Nabi Ibrahim, Nabi Nuh, Nabi Idris dan Nabi Adam ?

Selama ini kita mengenal Nasab dan Silsilah Para Nabi, berdasarkan urutan nama keturunan dari Nabi Adam sampai Nabi Muhammad.
Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan, beberapa pakar genetika mencoba menampilkannya dalam bentuk Peta Kode Y-DNA, sekaligus juga meninjau kembali masa kehidupan Nabi dan Rasul.
yDNA Nabi1
Keterangan :
1. Berdasar penyelusuran Y-chromosomal Adam (Y-MRCA), diperkirakan Adam “Manusia Modern”, hidup sekitar 237.000 – 581.000 tahun yang lalu.
2. Nabi Idris, yang merupakan leluhur Nabi Nuh dan diyakini sebagian pakar sebagai sosok Oziris (leluhur Mesir Kuno [Haplogroup E] dan Bangsa Punt [Haplogroup C]), diperkirakan berasal dari keluarga Haplogroup CT, sekitar 70.000-75.000 tahun yang lalu.
Haplogroup E, yang merupakan turunan Haplogroup DE (berasal dari percabangan Hablogroup CT), diperkirakan muncul sekitar 50.000-55.000 tahun yang lalu. Haplo E kemudian berkembang menjadi Haplo E-M2 (Haplogroup E1b1a), yang merupakan Y-DNA Penguasa Mesir Kuno, Ramesses III.
Haplogroup C, yang merupakan turunan Haplogroup CF (berasal dari percabangan Hablogroup CT), diperkirakan muncul sekitar 53.000 tahun yang lalu. Haplo C kemudian berkembang menjadi Haplo C1b2-M38, yang banyak terdapat di wilayah Asia Tenggara (Land of Punt).
3. Diperkirakan Keluarga Nuh berasal dari Haplogroup IJK, yang merupakan pangkal percabangan Haplogroup IJ dan Haplogroup K.
Haplogroup IJ kelak akan menurunkan bangsa Arab, Bani Israil, Turki dan Eropa, sementara Haplogroup K menurunkan bangsa Nusantara, China, Jepang dan Korea.
Dan dengan mengacu timeline terbentuknya Haplogroup IJK, diperoleh informasi masa kehidupan Nabi Nuh serta Peristiwa Bencana Nuh, kemungkinan terjadi pada sekitar 47.000-60.000 tahun yang lalu.


Referensi :
1. y-DNA famous people
2. anthrogenica.com
3. haplogroup J-M267

No comments: