Silsilah Ustadz Yusuf Mansur, Ulama Betawi Keturunan Raden Fattah ?

Ustadz Yusuf Mansur, kelahiran Jakarta, 19 Desember 1976, dikenal sebagai mubaligh, pengusaha sekaligus pimpinan dari pondok pesantren Daarul Quran Ketapang, Cipondoh, Tangerang.
Ia lahir dari pasangan Abdurrahman Mimbar (Kendal) dan Humrifíah (Betawi). Dan bila diselusuri jalur silsilahnya, beliau masih terhitung keturunan Raden Fattah.
yusufbetawi
Jalur Silsilah Ustadz Yusuf Mansur

Sebagaimana sudah diketahui khalayak umum, Ustadz Yusuf Mansyur dari pihak ibunya, merupakan cicit (buyut) dari Ulama Betawi dan Tokoh Nahdatul Ulama Jakarta, KH. Muhammad Mansur (Guru Mansur). Dimana Guru Mansur adalah keturunan dari Pangeran Cakrajaya Nitikusuma IV.
01. Ustadz Yusuf Mansur bin
02. Humrif’ah binti
03. Hj. Rafi’ah binti
04. Guru Mansur (KH. Muhammad Mansur) bin
05. Imam Abdul Hamid bin
06. Imam Muhammad Damiri bin
07. Imam Habib bin
08. Radin Abdul Mukhit bin
09. Pangeran Cakrajaya Nitikusuma IV
Pangeran Cakrajaya Nitikusuma IV, dikenal juga dengan gelar Tumenggung Mataram, beliau sering bolak balik antara Jayakarta dan Mataram dalam rangka melakukan konsolidasi perlawanan terhadap penjajah Belanda.
yusufm1
Pangeran Cakrajaya jalur trah-nya akan tersambung kepada Pendiri Kesultanan Demak Raden Fattah, ia gugur syahid dan kemudian dimakamkan di Halaman Masjid Al Mansur Sawah Lio Jakarta Barat.
yusufm3
Jalur silsilah Ustadz Yusuf Mansur dari pihak ayahnya Abdurrahman Mimbar, masih diselimuti misteri.
Data yang terlacak, beliau merupakan keturunan tokoh Masyumi, KH. Mahfud Mimbar, ulama pejuang dari Kaliwungu-Kendal
Ustadz Mahfudz Mimbar merupakan tokoh pelopor berdirinya Muhammadiyah di Kaliwungu, yang mengawali Pengajian Tauhid di kampung Sawahjati.
Kyai Mahfudz Mimbar dikenal sosok yang alim, pandai qiraah dengan suaranya yang merdu dan juga seorang ahli tafsir dan ahli hadits beliau juga tercatat sebagai salah seorang Ulama Huffazh di Indonesia

WaLlahu a’lamu bishshawab

No comments: