Malaikat Penyiksa

api
ALLAH SWT memiliki banyak panglima yang bisa ia tugaskan untuk mengikuti apa yang Dia perintahkan. Mereka ialah malaikat, yang selalu taat dan patuh terhadap perintah-Nya.
Malaikat Zabaniyah merupakan malaikat penyiksa. Ia tinggal di dalam neraka yang tugasnya menyiksa para penghuni neraka.
ALLAH SWT memiliki banyak panglima yang bisa ia tugaskan untuk mengikuti apa yang Dia perintahkan. Mereka ialah malaikat, yang selalu taat dan patuh terhadap perintah-Nya. Tak akan pernah kita temukan malaikat yang dihukum oleh Allah karena ketidak inginannya mengikuti perintah Allah. Sebab, Allah menciptakan mereka dari cahaya yang penuh dengan ketulusan dan kejujran juga kepatuhan.
Tak bisa kita pastikan berapa banyak malaikat Allah SWT yang berada di alam semesta ini. Namun yang pasti, mereka tersebar di seluruh penjuru alam semesta. Mereka memiliki tugas yang berbeda-beda. Salah satunya ada yang bertugas sebagai penyiksa di dalam neraka. Siapakah dia?
Siksa neraka itu teramat pedih. Kendati begitu, Allah SWT masih menyediakan malaikat-malaikat penyiksa yang kerjanya menyiksa orang-orang yang masuk neraka. Malaikat itu bernama Zabaniyyah.
Allah SWT berfirman, “Maka biarlah dia memanggil golongannya (untuk menolongnya), kelak Kami akan memanggil malaikat Zabaniyah,” (QS. Al-Alaq: 17-18).
Malaikat Zabaniyah adalah malaikat yang menyiksa orang-orang yang berdosa di dalam neraka. Ibnu Katsir menjelaskan bahwa malaikat Zabaniyah itu bertubuh besar dan berakhlak kasar. Saking pedih dan tidak kuat merasakan siksanya, para penghuni neraka pun berputus asa. Seandainya bisa, mereka berharap dimatikan saja. Karena begitu mati, selesai sudah penderitaan mereka. Namun, permintaan mereka sia-sia. Karena, sebagaimana surga yang kekal dan penghuninya tidak akan mati, neraka pun demikian.
Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya orang-orang yang berdosa kekal di dalam azab neraka Jahannam. Tidak diinginkan azab itu dari mereka dan mereka di dalamnya berputus asa. Dan tidaklah Kami menganiaya mereka, tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri. Mereka berseru, ‘Hai Malik, biarlah Rabbmu membunuh kami saja.’ Dia menjawab, ‘Kamu akan tetap tinggal (di neraka ini)’,” (QS. Az-Zukhruf: 74-77).
Nah, apakah kita ingin bertemu dengan malaikat Zabaniyah? Tentu tidak bukan. Maka dari itu, belajarlah untuk selalu mengikuti apa yang diperintahkan oleh Allah SWT. Jangan coba-coba untuk melakukan apa yang Dia larang. Walaupun kita termasuk makhluk yang penuh dengan kekhilafan, tetapi kita termasuk orang yang hebat jika mau berusaha untuk tidak berlaku salah. Wallahu ‘alam.
Referensi: Orang Tua Hebat Melahirkan Anak Hebat/Karya: Fadlan al-Ikhwani/Penerbit: Al-Qudwah Publishing

No comments: