Kemaksiatan Diberi Nama yang Menyenangkan, Jebakan Setan

pohon gelap

MUSUH nyata bagi manusia ialah setan. Ya, sejak manusia pertama diciptakan, setan sudah menganggap musuh kita. Maka, sebagai lawan, jangan sampai kita melakukan hal yang ia perintahkan.
Setan akan senantiasa mengelabui manusia. Mereka memberikan nama pada kemaksiatan dengan nama yang menyenangkan.
MUSUH nyata bagi manusia ialah setan. Ya, sejak manusia pertama diciptakan, setan sudah menganggap musuh kita. Maka, sebagai lawan, jangan sampai kita melakukan hal yang ia perintahkan. Melainkan sebaliknya, kita harus bisa membentengi diri agar tidak terhasut oleh godaannya.
Setan akan merasa bahagia jika anak cucu Adam berlumuran dosa. Sebab, suatu saat nanti, jika hari pembalasan tiba, ia tidak akan kesepian. Melainkan, ditemani oleh manusia yang durhaka terhadap Tuhannya.
Berbagai macam cara setan lakukan demi membuat manusia sengsara. Berbagai tipu daya ia lakukan agar manusia tak menyadari bahwa dirinya sedang dihasut untuk berbuat maksiat kepada Allah SWT. Salah satu metode yang ia lakukan ialah menamakan kemaksiatan dengan nama-nama yang menyenangkan.
Di antara bentuk godaan setan dan tipu daya setan adalah memberi nama kekejian dan kemaksiatan dengan nama-nama yang disukai hati agar keburukan dan kekejian tersamar. Iblis-lah yang menamakan pohon terlarang dengan Syajaratul Khuldi (Pohon Kekal).
Allah SWT berfirman, “Kemudian setan membisikkan pikiran jahat kepadanya, dengan berkata, ‘Hai Adam, maukah saya tunjukkan kepada kamu pohon khuldi dan kerajaan yang tidak akan binasa’,” (QS. Thaha: 120).
Ibnul Qayyim berkata, “Para pengikut iblis menamakan perbuatan-perbuatan terlarang dengan nama-nama yang disukai hati. Mereka menamakan khamar dengan ‘Ummul Afrah (Induk kesenangan).
Merekalah yang menamakan riba dengan “faedah” (tambahan), pengumbaran aurat perempuan dengan “kebebasan perempuan”, ikhtilath (pencampuran) antara lelaki dan perempuan dengan ‘kemajuan’ dan “masyarakat modern”, artis dan aktor, penyanyi, musik, perbuatan musum dan sejenisnya dengan nama “seni”. Semua ini mereka lakukan guna menarik hati manusia agar cenderung kepada kekejian dan keburukan
Referensi: Ruqyah Jin, Sihir dan Terapinya/Karya: Syaikh Wahid Abdussalam Bali/Penerbit: Ummul Qura
Foto: pixabay.com

No comments: