Masjid, Dijadikan Tempat Berlalu-Lalang


RASULLLAH ﷺ membangun masjid pertama kali sebagai tempat beribadah bagi umat Muslim. Selain itu, masjid juga dapat digunakan sebagai ajang silaturahim sesama muslim lainnya.

RASULLLAH ﷺ membangun masjid pertama kali sebagai tempat beribadah bagi umat Muslim. Selain itu, masjid juga dapat digunakan sebagai ajang silaturahim sesama muslim lainnya. Masjid adalah tempat yang paling indah, di mana umat muslim berkumpul.
Pembangunan masjid ini tidak cukup yang dibuat Rasul saja. Seiring berjalannya waktu, umat muslim di seluruh dunia juga membangun masjid untuk tempat beribadah. Bahkan kini, manusia yang sudak semakin cerdas, mereka membuat masjid dengan berbagai macam keindahan di dalamnya. Sehingga, orang-orang akan betah berlama-lama di dalam masjid.
Tapi sayang, akan tiba suatu masa, di mana masjid yang indah-indah itu hanya dijadikan sebagai tempat berlalu-lalang. Apa maksdunya? Maksudnya, orang akan lewat masjid untuk menuju tempat lain dan mereka tidak bertujuan untuk melakukan shalat di dalamnya. Sehingga, masjid-masjid pun lebih banyak digunakan untuk jalan ketimbang digunakan untuk shalat.
Sungguh, fenomena yang tidak begitu indah untuk dipandang. Masjid seharusnya menjadi tempat yang paling dijaga. Karena kita tahu, masjid itu sama halnya seperti rumah Allah SWT. Tempat kita bernaung dan berserah diri kepada-Nya. Menjadi salah satu tempat yang nyaman bagi kita untuk berkomunikasi dengan Allah.
Tapi, itulah kenyataan yang sesungguhnya. Yang akan terjadi di dunia ini. Masjid semakin banyak, tetapi orang yang melaksanakan ibadah hanya sedikit. Masjid ramai, tetapi hanya sedikit yang melaksanakan shalat, selebihnya mereka hanya meluangkan waktu untuk berlalu-lalang.
Referensi: Kiamat Sudah Dekat?/Karya: Dr. Muhammad Al-‘Areifi/Penerbit: Qisthi Press

No comments: