Alquran & Sains: Ka'bah Berada di Tengah Dunia

Alquran & Sains: Kakbah Berada di Tengah Dunia
Alquran & Sains: Kakbah Berada di Tengah Dunia (Foto: Reuters)
Setiap tahun, umat Muslim selalu berbondong-bondong untuk beribadah haji di Makkah. Mereka juga mengunjungi Masjidil Haram yang di dalamnya terdapat Kakbah. Tahukah Anda bahwa ada keajaiban di Tanah Suci yang telah terbukti secara sains?
Berdasarkan Alarabiya, penelitian yang dipublikasikan pada 2012 menyebutkan bahwa Kakbah adalah tengah dunia karena keempat sudutnya menunjukkan empat arah yang tepat di kardinal kompas.
"Dua sudut utama al-Ka'bah adalah sudut Timur, ‘Hajar Aswad’, dan sudut Yaman karena mereka adalah dua sudut yang dibangun sesuai dengan dasar-dasar Ibrahimic al-Ka'bah," kata Dr Khalid Babteen, Direktur Pusat Penelitian dalam Studi Islam di Umm Al-Qura University, Saudi Arabia.
Bateen kemudian melanjutkan bahwa pada sudut utara akan ditemui di sudut Iraq, sementara bagian selatan berada di sudut Yaman. Secara otomatis sudut barat berada di sudut Siria.
“Nabi Muhammad SAW dulu pernah berjalan dari sudut Yaman ke Hajar Aswad, menyentuh sudut Yaman dengan tangan kanan dan mengucapkan doa yang terkenal: "Ya Tuhan kami, berilah kami di dunia ini apa yang baik dan di akhirat apa yang baik, dan menyelamatkan kita dari siksa neraka. Lalu ia menyentuh Hajar Aswad dan melanjutkan putaran," kata Dr. Babteen. Seperti diketahui, Hajar Aswad hingga saat ini menjadi titik permulaan Tawaf (mengelilingi Kakbah) dalam ibadah haji.
Hal ini sesuai dengan ayat berikut ini, “Demikianlah Kami wahyukan kepadamu Alquran dalam bahasa Arab, supaya kamu memberi peringatan kepada ummul Qura (penduduk Makkah) dan penduduk (negeri-negeri) sekelilingnya, serta memberi peringatan (pula) tentang hari berkumpul (kiamat) yang tidak ada keraguan padanya. Segolongan masuk surga, dan segolongan masuk Jahannam,” Q.S. Ash-Shura ayat 7.
Dalam Alquran, Allah SWT menyebut “penduduk Makkah dan negeri-negeri yang mengelilinginya”, yang secara harfiah dapat diartikan bahwa Makkah berada di tengah negara lain di dunia yang mengelilinginya.
(kem)

No comments: