Rumah Kapal Sisa Perang Themistocles Vs Raja Xerxes Ditemukan

Sisa-sisa rumah kapal yang ditemukan di pesisir Athena. (University of Copenhagen)
Sisa-sisa rumah kapal yang ditemukan di pesisir Athena. (University of Copenhagen)

Rumah kapal tersebut diperkirakan berusia 2.500 tahun.

Sebuah tim arkeolog menemukan sisa pangkalan angkatan laut kuno di pesisir Athena, Yunani, yang diperkirakan berusia 2.500 tahun.

Bekerjasama dengan tim dari Yunani, arkeolog kelautan Denmark, Bjorn Loven dari University of Copenhagen berhasil menemukan sisa-sisa dari enam rumah kapal. Rumah kapal ini dipakai untuk melindungi kapal dari moluska laut pemakan kayu (shipworm). Rumah ini juga melindungi kapal dari kekeringan saat tidak berlayar di laut.

Pada "website" University of Copenhagen", Loven mengatakan bahwa tim mereka melakukan analisis terhadap peninggalan pecah belah dan uji carbon-14 pada potongan kayu. Hasilnya, rumah kapal tersebut diperkirakan berdiri pada sekitar tahun 520 sampai 480 sebelum Masehi.

Tak cuma itu. Rumah-rumah kapal ini juga diyakini pernah dipakai untuk singgah kapal yang dipakai tentara Yunani untuk melawan pasukan Persia dalam Perang Salami, sekitar tahun 480 sebelum Masehi. Perang tersebut mempertemukan antara gabungan pasukan kota-kota di Yunani yang dipimpin oleh Themistocles, dan Kekaisaran Persia yang dipimpin Raja Xerxes.

Meski kalah jumlah, pasukan Yunani menang, dalam perang yang berlangsung di selat antara daratan Yunani dan kepulauan Salami. Perjuangan mereka pernah diadaptasi menjadi sebuah film layar lebar bergenre kolosal, "300: Rise of an Empire".

"Basis angkatan laut ini merupakan tonggah penting dalam sejarah Yunani; sulit sekali diprediksi apa yang akan terjadi jika armada Yunani kalah di Perang Salami, namun jelas sekali bahwa kemenangan Persia akan menimbulkan konsekuensi besar terhadap perkembangan budaya dan sosial di Eropa," kata Loven.

Rumah kapal tersebut ditemukan dalam Proyek Zea Harbour, yang berlangsung pada tahun 2001 hingga 2012. (News.com.au)

No comments: