Karya Tulis Tersebar Luas, Tanda Akhir Zaman

ZAMAN ini sudah menunjukkan ketidakseimbangan antara manusia dan alam. Di mana banyak manusia yang tidak lagi berperilaku baik terhadap alam. Begitu pula alam, yang tak bisa menahan amarahnya dengan mengeluarkan bencana di mana-mana. Apakah ini pertanda akhir zaman?

Ya, hal itu merupakan salah satu tanda akan tibanya akhir zaman. Dan akhir zaman sudah mulai terasa dekat ketika kita melihat tanda lain bermunculan. Salah satunya ialah banyaknya karya-karya tulis tersebar luas.

Dulu, karya tulis dan buku belum tersebar luas. Bahkan, ketika itu manusia masih banyak yang belum bisa menulis. Rasulullah ﷺ mewartakan kepada kita, bahwa salah satu tanda kiamat adalah kemunculan alat tulis serta penyebaran buku dan karya tulis.

Ibnu Mas’ud menyampaikan, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, “Sesungguhnya, menjelang kiamat nanti akan muncul tanda-tanda berikut: pengucapan salam hanya kepada orang tertentu, perdagangan menyebar, sehingga seorang istri pun membantu suaminya dalam berniaga, tali silaturahmi diputus, kesaksian palsu bermunculan, kebenaran disembunyikan dan kemunculan pena (alat tulis),” (HR. Ahmad. Syaikh Al-Arna’uth menilai riwayat ini hasan).


Maksud dari sabda Nabi ﷺ yang menyebutkan kemunculan pena (alat tulis) adalah penyebaran buku-buku dan karya tulis secara luas. Buku-buku pun mudah didapat. Fenomena ini terjadi karena sarana cetak, alat pengganda dokumen dan penerbitan modern ada di mana-mana. Meski demikian, kebodohan mengenai persoalan agama masih banyak dijumpai di tengah-tengah masyarakat.

Riwayat di atas diperkuat oleh hadis yang dituturkan oleh Anas RA, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, “Sesungguhnya, di antara tanda-tanda kiamat adalah ilmu diangkat (dari hati manusia), kebodohan muncul di mana-mana, zina merajalela, minuman keras dikonsumsi, serta kaum pria banyak yang meninggal (hingga jumlah mereka sedikit) dan kaum wanita masih banyak, sehingga untuk lima puluh orang wanita hanya ada seorang laki-laki pelindung,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Tanda kiamat ini sekarang sudah jelas terbaca oleh setiap orang yang mencermati keadaan sosial saat ini untuk mengetahui persoalan agama mereka. Kita harus terus berusaha memahami setiap persoalan agama. Dan memohonlah pada Allah SWT agar diberi kemudahan untuk belajar. Sehingga, kita tidak tergolong orang-orang yang bodoh.
Referensi: Kiamat Sudah Dekat?/Karya: Dr. Muhammad Al-‘Areifi/Penerbit: Qisthi Press

No comments: