Arkeolog Temukan 'Kapsul Waktu' di Kamp Militer Nazi

Sebuah kapsul waktu dari abad ke-20 berisi buku-buku, surat-surat, foto, dan dokumen dari masa rezim Nazi telah ditemukan di Kota Zlocieniec, Polandia.
Arkeolog Temukan 'Kapsul Waktu' di Kamp Militer NaziMonumen Perang Dunia Kedua di Warsawa, Polandia. Invasi Nazi Jerman ke Polandia pada 1939, telah menjadi tengara dimulainya Perang Dunia II di Eropa. (Ingram Publishing/Thinkstock)
Polandia telah menjadi tengara dimulainya Perang Dunia Kedua pada 1939, ketika Nazi Jerman menginvasi negeri itu. Pada 6 September silam, para ahli arkeologi menemukan sebuah kapsul waktu nan bersejarah di kota Zlocieniec, Polandia. Kota itu diketahui bernama Falkenburg ketika masih berada di bawah kekuasaan Jerman hingga 1945.
Para arkeolog yang dipimpin oleh Dr Marcin Peterleitner, menemukan kapsul tersebut dalam sebuah pondasi menara air. Area itu sebelumnya dikenal sebagai situs “Ordenburg Krossinsee”. Situs ini menjadi salah satu dari tiga sekolah pelatihan untuk mempersiapkan generasi selanjutnya dari militer Nazi-Jerman antara 1933 dan 1945. Kapsul itu diketahui disegel sejak 22 April 1934.
Pertama kali ditemukan, tim membutuhkan waktu setengah jam untuk mampu membukan kapsul tersebut. Dengan menggundakan pisau kecil, tim berhasil membukan segel yang melindungi kapsul bertahun-tahun lamanya.
Relik pertama yang diambil dari dalam kapsul adalah segel lilin dan sebuah catatan tertulis untuk merayakan konstruksi kamp pelatihan milter Nazi. Tak hanya itu, sejumlah foto Adolf Hitler, buku karyanya Mein Kampf, koran lokal dari tahun 1934, beberapa amplop, buku sejarah Jerman, koin perak, foto-foto kota, dan peta Zlocieniec dalam perubahannya dari abad ke-14 ke abad ke-15.
Relik pertama yang diambil dari dalam kapsul adalah segel lilin dan sebuah catatan tertulis untuk merayakan konstruksi kamp pelatihan milter Nazi.
Para peneliti paling tertarik pada empat lembar surat yang dialamatkan ke politisi partai Nazi, Otto Gohdes. Isi dari surat tersebut belum diketahui secara jelas, karena gaya tulisan tangan yang sulit terbaca. Surat tersebut tertulis dalam bahasa Jerman lama yang belum banyak dipahami hingga saat ini.
Surat-surat dan dokumen yang ada dalam kapsul itu telah dibawa ke Museum Nasional Polandia di Szczecin untuk diteliti lebih lanjut. Peneliti berharap temuan itu dapat segera dipajang untuk dilihat oleh publik
Kapsul itu sendiri telah memiliki laman sendiri di media sosila Facebook dengan nama “Mysterious Time Capsule of Ordensburg near Zlocieniec”. Dalam laman tersebut, terdapat foto-foto serta informasi terbaru berdasarkan kurasi dari temuan mereka.
(Annisa Hardjanti. Sumber: Tom Hale / IFLScience.com

No comments: