Malam Pertama di Alam Kubur, Bagian Tubuh Ini Membusuk

KETIKA seseorang telah meninggalkan dunia ini, maka ia akan menempati tempat menunggu alam akhirat, yakni alam kubur. Manusia di tempatkan kembali ke tempat asalnya, yaitu tanah. Di sana tubuhnya tidak akan bisa dilihat lagi oleh manusia lain. Hanya hewan-hewan tanahlah yang menemani jasadnya.



Layaknya suatu bangkai, tubuh manusia pun akan membusuk di alam kubur. Tahukah Anda, bagian tubuh mana yang pertama kali akan membusuk? Perut dan kemaluan, itulah bagian pertama yang membusuk.

Telah menceritakan kepada kami Ishaq Al Wasithi, telah menceritakan kepada kami Khalid dari Al Jurairi dari Tharif Abu Tamimah mengatakan, aku menghadiri Shafwan dan Jundab serta sahabat-sahabatnya ketika Jundab memberi wasiat kepada mereka, lantas mereka bertanya, “Apakah kau mendengar sesuatu dari Rasulullah ﷺ?”

Ia menjawab, “Aku mendengar beliau bersabda, ‘Barangsiapa beramal karena sum’ah (ingin didengar), maka Allah menjadikannya dikenal suka bersum’ah pada hari kiamat, dan barangsiapa menyusahkan (manusia), maka Allah juga bakalan menyusahkannya pada hari kiamat’.” Mereka berkata, “Wasiatilah kami!” Ia berkata, “Yang pertama-tama membusuk dari tubuh manusia adalah perut, maka barangsiapa yang mampu untuk tidak menyantap selain yang baik, lakukanlah. Dan barangsiapa tidak ingin dihalangi antara dirinya dan surga karena segenggam darah yang ia tumpahkan, lakukanlah.” Saya bertanya kepada Abu Abdillah, “Siapa yang mengatakan aku mendengar Rasulullah ﷺ, apakah Jundab?” Ia menjawab, “Iya, Jundab,” (HR. Bukhari No.6619).


Dalam hadis tersebut dikatakan bahwa perut adalah bagian tubuh yang pertama kali membusuk di malam pertama alam kubur. Bagian tubuh itu yang memang biasanya kita pentingkan. Kita sering memikirkan urusan perut daripada yang lain. Sehingga, kita melakukan berbagai cara agar perut kita bisa terisi.

Selain itu, kemaluan juga sering kita pentingkan daripada bagian lainnya. Nafsu syahwat seringkali lebih berkuasa. Sampai-sampai akal dan pikiran kita tak bisa menahannya. Sehingga, perbuatan maksiat seringkali menjadi hal yang kebanyakan orang lakukan.

Kedua bagian tersebut harus kita perhatikan. Mengingat kedua hal itulah yang akan pertama kali membusuk. Kita harus menjaga keduanya dari perbuatan-perbuatan yang diharamakan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Jagalah perut kita dari makanan haram dan berlebihan pada makan. Jagalah kemaluan kita pun dari perbuatan zina yang akan menyengsarakan hidup kita. Wallahu ‘alam.

No comments: