Cikal bakal Pondok Modern Darussalam Gontor


bermula pada abad ke-18, saat Kyai Ageng Muhammad Besari mendirikan Pondok Tegalsari di Desa Jetis Ponorogo Jawa TimurPondok Tegalsari sangat termasyhur pada masanya, sehingga didatangi ribuan santri dari berbagai daerah di nusantara.
Melalui penyelusuran genealogy, Keluarga Pondok Pesantren berasal dari keturunan Raden Fattah, Pendiri Kesultanan Demak Bintoro.
Berikut diagram silsilah, hubungan kekerabatan Keluarga Pondok Modern Gontor dengan Kyai Haji Ahmad Dahlan (Muhammadiyah) dan Dinasti Giri Kedaton.
silsilahulama
WaLlahu a’lamu bishshawab
Catatan :
1. Ki Ageng Gribig III, bertempat tingal di Jatinom (Klaten). Ia merupakan Guru Sultan Agung Mataram, serta menjadi pelopor acara “Yaqowiyu”, yang dimulai pada sekitar tahun 1589 Masehi.
Ki Ageng Gribig III merupakan putera dari Ki Ageng Gribig II yang tinggal di Gribig (sekitar wilayah Sengguruh – Malang).
Bersesuaian dengan catatan keluarga salah seorang saudara Ki Ageng Gribig III, yakni Ki Ageng Mirah I (Kyai Muslim). Di dalam catatan tersebut disebutkan, ayahanda dari Ki Ageng Mirah I, adalah Ki Ageng Gribig (II) yang bertempat tinggal di wilayah Malang.
2. Ki Ageng Gribig IV, adalah tokoh yang membantu Sultan Agung dalam mengatasi gejolak politik di Palembang (tahun 1636M), yamg kemudian menjadi adik ipar Sultan Agung Mataram.
3. Ayahanda Ki Ageng Gribig II, adalah Ki Ageng Gribig I atau dalam Tedhak Dermayudan bernama Pangeran Kedhanyang.
Ki Ageng Gribig I adalah putera Sunan Giri II (Sunan Dalem), ia dikisahkan tinggal di daerah Gribig, setelah berhasil menghalau penyerangan Adipati Sengguruh di tahun 1535M.

Sumber :
1. Pondok Modern Darussalam Gontor.
2. Kisah dan Silsilah Kyai Imam Musahaf
3. Panembahan Hanyakrawati (wikipedia)
4. Meninjau Kembali, Silsilah Kyai AHMAD DAHLAN (Muhammadiyah) ?
5. Misteri Ki Ageng Gribig, Leluhur Kyai Haji Ahmad Dahlan (Muhammadiyah) ?
6. Hubungan Kekerabatan : Agus Harimurti Yudhoyono dengan Fatahillah, Pendiri Kota Jakarta ?

No comments: