Jin Tampakkan Diri, Ini Alasannya


JIN adalah makhluk tak kasat mata. Kita tak akan bisa melihat mereka, karena berada di alam yang berbeda dengan kita. Hanya orang-orang tertentu saja yang mampu melihatnya. Meski begitu, terkadang jin menampakkan dirinya, hingga kita bisa melihatnya. Tapi, apa ya alasan jin menampakkan diri?

1. Merasa Terancam dan Terganggu
Adapun alasan pertama adalah mereka merasa terganggu. Biasanya mereka menunjukkan eksistensi mereka dengan berbagai cara. Di antaranya, menakut-nakuti orang dan menciptakan fenomena yang menyeramkan, agar manusia ketakutan. Bahkan mereka pun tak segan menyerang manusia dengan berbagai cara. Misalnya: membuat orang kesurupan. Tindakan ini merupakan bentuk protes makhluk halus kepada manusia jika mereka merasa terganggu dengan kehadiran manusia di wilayahnya.

2. Ingin Mengabdi pada Manusia
Makhluk halus bisa menampakkan diri dalam wujud manusia pada umumnya, dikarenakan dia ingin mengabdikan dirinya kepada manusia. Di mana, pengabdian itu bisa meliputi, ingin membantu atau menolong seseorang, ingin menjadi murid dari seorang ulama atau kyai. Jin yang satu ini tergolong baik hati atau lebih dikenal sebagai Jin Muslim.

3. Jatuh Cinta pada Manusia
Jin adalah makhluk yang memiliki rasa seperti manusia pada umumnya, bahkan ada yang merasa kesepian dan jatuh hati kepada manusia. Dengan kata lain, jin tersebut naksir kepada manusia. Sehingga, terkadang mereka berubah wujud menjadi wanita cantik untuk menggoda manusia.

4. Dipanggil Oleh Manusia
Biasanya jin menampakkan diri karena dia dimintai tolong oleh seseorang, bisa dukun atau paranormal atau kepada seseorang yang ingin belajar ilmu supranatural. Mereka biasanya menampakkan diri mereka karena suatu alasan dan dengan syarat-syarat tertentu.


5. Jin yang Kepergok
Jin yang kepergok tergolong hantu apes, karena keberadaan mereka terlihat dan tertangkap oleh mata telanjang manusia. Dan oleh karena alasan itulah, makhluk tersebut akan mendapat hukuman dari penguasa mereka.

Adapun alasan lain adalah manusia sengaja memasang kamera tersembunyi atau jebakan di tempat biasa mereka berada atau tempat-tempat yang dianggap angker pada malam hari. Atau juga tak sengaja tertangkap oleh kamera saat manusia sedang memotret-motret tempat mereka tinggal.

6. Jin Iseng atau Usil
Tidak hanya di alam manusia saja terdapat orang-orang iseng dan usil. Di dunia ghaib pun banyak dijumpai makhluk-makhluk yang seperti ini. Faktor utama kenapa jin tersebut suka iseng dan usil adalah faktor pengangguran yang dialami jin tersebut. Karena faktor itulah seringkali kita jumpai hantu-hantu yang iseng dengan menakut-nakuti manusia sampai manusia tersebut lari ketakutan, dan mereka akan tertawa terbahak-bahak. Jin jenis inilah yang disebut jin kurang kerjaan.

Itulah beberapa alasan yang katanya membuat jin akan menampakkan diri. Tapi, benarkah jin menampakkan diri karena alasan tersebut? Hanya Allah Subhanahu wa Ta’ala dan jin itu sendiri yang mengetahuinya. Sedang, kita hanya perlu meyakini bahwa keberadaan mereka benarlah ada. Dan ketika kita melihatnya menampakkan diri, jangalah merasa takut. Sebab, kita memiliki derajat yang lebih tinggi daripada mereka. Wallahu ‘alam.

No comments: