Budaya Islam dikenal Negeri Jepang di abad pertama Hijriyah ?

Sembilan belas pecahan dari keramik Islam yang dibuat di Asia Barat ditemukan di lokasi bekas Istana Heijokyo (Kuil Saidaiji) Nara Jepang. Heijokyo merupakan ibukota negara selama Periode Nara (710-784).
narakeramik Diperkirakan pecahan keramik ini, berasal dari abad kedelapan masehi, dan ditemukan bersama dengan strip kayu yang mengacu pada tahun 768 M. Penemuan ini merupakan petunjuk baru tentang sejarah pertukaran budaya di wilayah Benua Asia (sumber : In the news: Silk road Islamic ceramic fragments excavated from Nara’s Saidaiji site are oldest finds in Japan dan 8th century Islamic vase found in Japan).
Para peneliti percaya keramik digunakan selama perdagangan maritim untuk membawa rempah-rempah dari dunia Islam. Tatsuo Sasaki, seorang profesor arkeologi di Universitas Kanazawa, mengatakan, temuan tersebut menegaskan bahwa Nara merupakan ujung Jalur Sutra kuno Laut.
Pecahan keramik Islam diperkirakan sampai ke negeri Sakura Jepang melalui rute jalur sutra maritim lewat daratan China. Penemuan pecahan keramik ini sekaligus sebagai bukti kebudayaan masyarakat Muslim telah masuk Jepang pada era abad 1-2 Hijriyah.

WaLlahu a’lamu bishshawab

Catatan Penambahan :
1. Salah seorang sahabat Rasulullah diberitakan pernah berdakwah di Jepang, nama beliau adalah Abdul Wahab Abi Kasbah. Kawasan yang disinggahi adalah: Jepang, Korea Selatan, Korea Utara, Mongolia, China (Tiongkok), dan Taiwan (Sumber: Syekh Bahruddin Azmatkhan, Qishshatud Dakwah Fii Arahbiliyyah (Nusantara), 1929, h.41; T. W. Arnold, The Preaching of Islam, 1968 ; F. Hirth dan W. W. Rockhill (terj), Chau Ju Kua,His Work On Chinese and Arab Trade in XII Centuries, St.Petersburg: Paragon Book, 1966, hal. 159.,


No comments: