Neraka dapat Melihat dan Berbicara

PERNAHKAH Anda mendengar seperti apa suasana neraka? Ya, tentu setiap dari kita pernah mendengarnya. Dan yang kita dengar tentu hanyalah kengerian dan keburukan bagi orang-orang yang masuk ke neraka. Ya, neraka adalah tempat yang paling menakutkan. Hingga, tak ada satu orang pun yang ingin masuk ke dalamnya.

Selain mengerikan dan menakutkan ternyata neraka dapat melihat, berbicara dan menyampaikan keluh kesah. Ya, bagi mereka yang membaca penjelasan tentang neraka di dalam Al-Quran dan hadis akan mengetahui bahwasanya neraka merupakan ciptaan Allah yang bisa melihat, berbicara dan menyampaikan keluh kesah.

Selain itu, Al-Quran juga memberitahu kita bahwa neraka bisa melihat para penghuninya dari kejauhan saat mereka sedang menuju ke arahnya. Sehingga, ia akan mengeluarkan teriakan-teriakan yang sangat menakutkan sebagai pertanda betapa besar amarah, kegeraman dan kebenciannya terhadap orang-orang yang durhaka tersebut.

Sebagaimana disebutkan dalam surat Al-Furqan ayat 12 bahwa, “Apabila neraka melihat mereka dari tempat yang jauh, maka mereka akan mendengar kegeramannya dan suara nyalanya.”

Kemudian, Ibnu Jarir juga meriwayatkan bahwa Ibn ‘Abbas mengatakan bahwa seseorang akan diseret ke dalam neraka dan neraka akan menciutkan dirinya. Maka Allah berfirman, “Ada apa dengan engkau?” Dan neraka berkata, “Ia berusaha mencari perlindungan kepada-Mu dari aku.” Dan Allah berfirman, “Bebaskan hamba-Ku!”

Kemudian seseorang juga diseret lagi ke neraka, dan ia berkata, “Ya Allah, aku tidak mengharapkan hal ini dari-Mu.” Lalu Allah berfirman, “Apakah yang engkau harapkan?” Lantas orang itu berkata, “Bahwa ampunan-Mu juga akan diberikan kepadaku.” Kemudian Allah pun berfirman, “Bebaskan hamba-Ku!” Maka orang itu pun dibebaskan.

Sementara itu ada seorang lagi yang diseret ke neraka, maka neraka pun menyemburkan udara seperti keledai mendengus pada seekor unta. Dan kemudian neraka menghirup udara sebanyak-banyaknya sehingga tidak ada lagi yang tertinggal.

Bahkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Tirmidzi disebutkan dari Abu Shalih dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, “Pada hari kiamat nanti, ada sebuah leher yang akan menjulur dari neraka, dimana leher tersebut mempunyai dua mata untuk melihat, dua telinga untuk mendengar dan lidah untuk berbicara. Dan leher tersebut berkata, “Aku ditunjuk untuk mengawasi tiga jenis manusia yaitu penguasa yang lalim dan sombong, orang yang meminta kepada sesembahan selain Allah dan orang yang suka berbuat gambar,” (At-Takhwif min an-Naar, hal.179).

No comments: