Sifat Fisik Imam Mahdi

ORANG-orang non Muslim, khususnya kaum Yahudi, tentu sudah menantikan sosok Dajjal, orang bermata satu yang mengaku sebagai Tuhan. Mereka percaya bahwa Dajjal akan menolong mereka dari kesulitan. Sebab, mereka yakin Dajjal itu memiliki kekuatan sebagaimana layaknya Tuhan sesungguhnya.

Meski begitu, sebagai seorang muslim yang yakin akan kekuatan Allah Subhanahu wa Ta’ala, kita tak perlu khawatir. Sebab, Allah pun tak akan membiarkan kita memikul beban melebihi kesanggupan kita. Maka dari itu, Allah pun mengutus orang pilihan-Nya yang akan membantu kaum muslim melawan kesesatan Dajjal. Siapakah dia?

Tiada lain dialah Imam Mahdi. Dia merupakan keturunan dari Fatimah. Bahkan, dia memiliki nama yang sama sebagaimana nama Nabi Muhammad ﷺ. Ya, dia bernama Muhammad. Dia yang nantinya akan mengungkap kelemahan Dajjal. Dan dia akan membantu Nabi Isa untuk membunuh Dajjal.

Tapi, bagaimana bisa kita ketahui yang mana Imam Mahdi itu?

Nah, salah satu caranya kita bisa tahu dari fisiknya. Ya, layaknya manusia pada umumnya, Imam Mahdi pun memiliki sifat fisik tersendiri. Lantas, seperti apakah sifat fisik Imah Mahdi?

Dari Abu Sa’id Al Khudri, Nabi ﷺ bersabda, “Imam Mahdi adalah keturunanku. Dahinya lebar (atau rambut kepala bagian depannya tersingkap) dan hidungnya mancung,” (HR. Abu Daud no. 4285. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadis ini hasan).

Al Qori’ mengatakan, “Hidung beliau tidaklah pesek karena bentuk hidung semacam ini kurang disukai,” (Lihat keterangan Al Qoriy yang disebutkan oleh Abu Thayib dalam ‘Aunul Ma’bud, 11/252, Darul Kutub Al ‘Ilmiyyah, Beirut, cetakan kedua, tahun 1415 H).

No comments: