Umat Akhir Zaman, Sia-siakan Hal Ini

BERAKHIRNYA dunia ini, tidak ada orang yang mengetahuinya. Bahkan, para utusan Allah Subhanahu wa Ta’ala sekali pun, tidak Allah beritahu. Ya, hanya Allah sajalah yang tahu akan hal ghaib itu. Meski begitu, Allah mengabarkan tanda-tandanya, sebagai persiapan kepada umat manusia untuk memperbaiki diri.

Tanda demi tanda yang telah dikabarkan itu, kini mulai bermunculan. Bahkan, didukung pula dengan keadaan bumi, yang sepertinya sudah enggan untuk dijadikan pijakan bagi manusia. Sebab, kita tahu bahwa banyak manusia yang berbuat kerusakan, bukan hanya pada alam tapi pada dirinya sendiri.

Nah, salah satunya, ada hal-hal yang disia-siakan oleh umat akhir zaman. Padahal, hal ini begitu penting bagi dirinya. Bahkan, akan menjadikan dirinya selamat di dunia dan akhirat. Apakah itu?

Abu Said Al-Khudri meriwayatkan bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, “Akan datang suatu generasi sesudah enam puluh tahun, mereka melalaikan shalat dan memperturutkan hawa nafsu, maka orang-orang ini akan menemui kecelakaan dan kerugian. Kemudian datang lagi suatu generasi, mereka membaca Al-Quran tetapi hanya di kerongkongan (mulut) saja (tidak masuk ke hati) dan semua membaca Al-Quran, orang mukmin, orang munafik dan orang-orang jahat dan fasik (tidak dapat lagi dibedakan mana orang mukmin sejati dan mana orang yang berpura-pura beriman),” (HR. Ahmad, Ibnu Hibban dan Hakim).

Dalam sebuah hadis lain, Rasulullah bersabda, Abu Umamah al Bahiliy bahwa Rasulullah bersabda, “Ikatan-ikatan Islam akan lepas satu demi satu. Apabila lepas satu ikatan, akan diikuti oleh lepasnya ikatan berikutnya. Ikatan Islam yang pertama kali lepas adalah pemerintahan dan yang terakhir adalah shalat,” (HR. Ahmad).

No comments: