Ummul Mukminin Shafiyah binti Huyai

SAAT sebelum memeluk Islam, Ummul mukminin Shafiyah binti Huyai yaitu seseorang wanita Yahudi dari Bani Nadhir. Ayahnya, Huyai bin Akhtab, yaitu tokoh terpenting di kelompok Yahudi serta termasuk juga ulama Yahudi di saat itu. Nasab ummul mukminin Shafiyah radhiallahu ‘anha bersambung hingga Nabi Harun bin Imran ‘alaihissalam. Jadi beliau yaitu wanita dari kelompok Bani Israil. Ummul mukminin Shafiyah lahir pada tahun 9 saat sebelum hijrah.

Sesudah Bani Nadhir diusir dari Madinah, mereka pindah menuju perkampungan Yahudi di Khaibar. Dalam Perang Khaibar, Allah Ta’ala memenangkan golongan muslimin. Banyak harta rampasan perang serta tawanan yang dikuasai oleh golongan muslimin. Diantara mereka yaitu Shafiyah binti Huyai.

Awalannya Shafiyah termasuk juga pendapatan perang dari teman dekat yang mulia, yang Malaikat Jibril kerap datang berbentuk fisiknya yakni Dihyah bin Khalifah radhiallahu ‘anhu. Tetapi lantaran kedudukan Shafiyah, ada seseorang teman dekat yang datang ajukan supaya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam terima Shafiyah. Kemuliaan Shafiyah juga sebagai wanita pemuka Bani Quraizhah serta Bani Nadhir cuma layak disandingkan dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Sesudah menerima masuk Islam, Rasulullah menikah dengan Shafiyah. Pernikahan juga dilangsungkan, yakni pada tahun 8 H. Rumah tangga mulia ini berjalan sepanjang 4 tahun. sampai meninggal duniaanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Hikmah pernikahan ini yaitu Islam melindungi kedudukan seorang, tak merendahkannya jadi membuatnya semakin mulia. Siapa yang mulia saat sebelum Islam, jadi dia juga dimuliakan sesudah berislam.

Ummul mukminin Shafiyah binti Huyai meninggal dunia pada tahun. 50 H di zaman pemerintahan Muawiyah bin Abu Sufyan radhiallahu ‘anhu. Waktu itu umur beliau 59 tahun.[

No comments: