Wanita dari Quraisy dan Setan, Lebih Segan pada Orang Ini daripada Rasulullah

TENTU kita mengetahui bahwa Rasulullah ﷺ adalah seorang hamba Allah yang paling mulia. Banyak orang Muslim yang tunduk dan patuh pada perintahnya. Sebab, apa yang beliau perintahkan datangnna dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dan segala sesuatu yang dating dari Allah pasti bernilai manfaat.

Tapi, tahukah Anda, bahwa ada satu orang yang paling disegani daripada Rasulullah ﷺ? Bahkan, para wanita Quraisy, hingga setan sangat takut kepadanya. Mereka tak mampu berbuat apa-apa selain hanya patuh pada perintahnya. Siapakah dia?

Dialah Umar bin Khaththab, salah satu sahabat Rasulullah ﷺ. Dia adalah khalifah kedua setelah meninggalnya Rasulullah ﷺ. Ya, dialah sosok yang paling ditakuti oleh orang lain, termasuk setan sekali pun.

Diriwayatkan dari Muhammad bin Sa’ad bin Abi Waqqash dari ayahnya ia berkata, “Umar bin al-Khaththab memohon agar diizinkan masuk ke rumah Rasulullah ﷺ. Ketika itu ada beberapa orang wanita dari Quraisy sedang berbincang-bincang dengan Rasulullah ﷺ dan mereka berbicara dengan nada suara yang keras melebihi suara Rasululullah.

Ketika Umar masuk mereka segera berdiri dan menurunkan hijab. Setelah diberi izin Umar masuk ke rumah Rasulullah ﷺ. Sementara Rasulullah ﷺ tertawa. Umar bertanya, “Apa yang membuat Anda tertawa wahai Rasulullah?”

Rasulullah ﷺ menjawab, “Aku heran terhadap wanita-wanita yang berada di sisiku ini, ketika mereka mendengar suaramu, segera mereka berdiri menarik hijab.” Umar berkata, “Sebenarnya engkau yang lebih layak mereka segani wahai Rasulullah ﷺ.”

Kemudian Umar berbicara kepada mereka, “Wahai para wanita yang menjadi musuh bagi nafsunya sendiri, bagaimana kalian segan terhadap diriku dan tidak segan terhadap Rasulullah ﷺ?” Mereka menjawab, “Ya, sebab engkau lebih keras dan lebih kasar daripada Rasulullah ﷺ.” Rasulullah ﷺ bersabda, “Wahai Ibnul al-Khaththab, demi Allah Subhanahu wa Ta’ala yang jiwaku berada dalam genggaman tangan-Nya, sesungguhnya tidaklah setan menemuimu sedang berjalan di suatu jalan kecuali dia akan mencari jalan lain yang tidak kau lalui.”

Diriwayatkan dari ‘Aisyah bahwa Rasulullah ﷺ pernah bersabda, “Sesungguhnya setan lari ketakutan jika bertemu Umar.”

Rasulullah ﷺ bersabda, ” Umatku yang paling penyayang adalah Abu Bakar dan yang paling tegas dalam menegakkan agama Allah adalah Umar.”

Sumber: Kitab Al-Bidayah Wa An-Nihayah, Ibnu Kathi

No comments: