Zainab binti Jahsy

UMMUL Mukminin Zainab binti Jahsy dilahirkan pada th. 32 saat sebelum hijrah. Ibunya yaitu Umaimah binti Abdul Muthalib, bibi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ummul mukminin Zainab binti Jahsy yaitu wanita terhormat saudari dari Abdullah bin Jahsy, sang pahlawan Perang Uhud yang dimakamkan satu liang dengan paman Nabi, Hamzah bin Abdul Muthalib radhiallahu ‘anhu.

Saat sebelum jadi istri Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, Zainab adalah istri dari anak angkat Nabi yaitu Zaid bin Haritsah radhiallahu ‘anhu. Pernikahan keduanya tak jalan abadi lantaran ketidaksamaan kafaah. Pada akhirnya perceraian juga berlangsung.

Lantas Zainab dinikahi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Saat itu, Zainab berumur 37 tahun. Berjalanlah biduk rumah tangga Rasulullah dengan Zainab sepanjang 6 tahun, sampai Rasulullah meninggal dunia. Diantara kelebihan Zainab binti Jahsy radhiallahu ‘anha yaitu Allah Ta’ala sebagai walinya waktu menikah dengan Rasulullah.

Diantara hikmah pernikahan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan Zainab yaitu meluruskan budaya yang salah pada orang-orang saat itu. Beberapa orang waktu itu berasumsi bahwa anak angkat sama statusnya dengan anak kandung. Asumsi ini sudah pasti bakal beresiko pada hukum-hukum syariat yang lain; waris, mahram, pernikahan, dan lain-lain.

Kebiasaan serta asumsi ini semakin mengakar di orang-orang Islam ketika itu hingga butuh diluruskan. Karenanya, Allah Ta’ala memerintahkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk menikah dengan Zainab binti Jahys radhiallahu ‘anha, untuk meniadakan asumsi sekian. Bila tak asumsi ini bakal beresiko berat untuk umat manusia, khususnya umat Islam.

Ummul mukminin Zainab binti Jahsy radhiallahu ‘anha meninggal dunia pada saat pemerintahan Umar bin al-Khattab th. 21 H dengan umur 53 tahun.

No comments: