Gunung Pelangi, yang diceritakan di dalam Al Qur’an ?

Fenomena alam, tentang keberadaan gunung yang berwarna-warni, telah di-informasikan Al Qur’an 1400 tahun yang lalu, sebagaimana terdapat di dalam QS. Fathir (35) ayat 27 :
أَلَمْ تَرَ أَنَّ اللَّهَ أَنْزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَخْرَجْنَا بِهِ ثَمَرَاتٍ مُخْتَلِفًا أَلْوَانُهَا وَمِنَ الْجِبَالِ جُدَدٌ بِيضٌ وَحُمْرٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهَا وَغَرَابِيبُ سُودٌ
“Tidakkah engkau melihat bahwa Allah menurunkan air dari langit lalu dengan air itu Kami hasilkan buah-buahan yang beraneka macam jenisnya. Dan di antara gunung-gunung itu ada garis-garis putih dan merah yang beraneka macam warnanya dan ada (pula) yang hitam pekat.”
08 Jul 2014, Zhangye, Gansu Province, China --- (140708) -- XINING, July 8, 2014 (Xinhua) -- Photo taken on July 7, 2014 shows the scenery at Zhangye Danxia Landform Geological Park in Zhangye City, northwest China's Gansu Province. Danxia, which means "rosy cloud", is a special landform formed from reddish sandstone that has been eroded over time into a series of mountains surrounded by curvaceous cliffs and many unusual rock formations. (Xinhua/Wang Song) (whw) --- Image by © Wang Song/Xinhua Press/Corbis
Fenomena Alam yang Menakjubkan
Gunung yang berwarna-warni ini, terdapat di Zhangye Danxia, provinsi Gansu, Cina. Dari kejauhan nampak gunung-guning ini, seperti hamparan pelangi karena itu orang menyebutnya ‘rainbow mountain’.
Areal Gunung pelangi memiliki seluas 300 kilometer persegi, dan merupakan bagian dari Zhangye Danxia Landform Geological Park.

pelangi2
Warna-warni pada perbukitan ini, berasal dari batuan pasir merah dan mineral yang terbentuk sejak Periode Kapur, tepatnya 24 juta tahun lalu.

pelangi3
Gunung Pelangi ini, akan menampilkan pola warna yang berbeda-beda, tergantung kondisi cuaca dan pencahayaan matahari. Warna-warni gunung ini akan semakin kontras jika turun hujan pada hari sebelumnya.
pelangi5
pelangi4
Bukit dan lembahnya terdiri dari lapisan berwarna merah, biru, hijau zamrud, coklat, dan kuning. Dan yang menarik adalah, di sana tidak ditemui tumbuhan atau hewan, hal ini dikarenakan kondisi tanahnya yang tandus.

Sumber :
1. justfunfacts.com
2. cultural-china.com
3. islampos (facebook)

WaLlahu a’lamu bishshawab

No comments: