Sejak kapan Indonesia dijajah Belanda ?

Benarkah Indonesia dijajah Belanda selama 350 tahun ? Perhitungan angka 350 tahun, sepertinya mengacu kepada kedatangan Cornelis de Houtman pada tahun 1592. Padahal kita semua tahu, dimasa itu, tidak ada satu-pun kerajaan di Nusantara dikuasai Belanda.
Dengan demikian pernyataan bahwa Indonesia pernah dijajah Belanda selama 350 tahun, hanyalah mitos belaka.
belanda1a
Hikayat Perlawanan Rakyat Nusantara

Kedatangan bangsa Belanda di Nusantara, awalnya adalah untuk kepentingan perdagangan. Melalui VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie), yang didirikan tahun 1602, pemerintah Belanda mencoba keberuntungan untuk berbisnis dengan rakyat Bumiputera.
Namun lambat laun, pihak Belanda mau me-monopoli perdagangan, akibatnya muncul keinginan untuk bisa menguasai wilayah Nusantara.
Dan hal ini semakin terlihat, ketika VOC pada tahun 1800, dibubarkan oleh pemerintah Belanda.
Pemaksaan kehendak pihak Belanda ini, kemudian memunculkan perlawanan bersenjata dimana-mana, ada Perang Palembang, Perang Diponegoro, Perang Padri, Perang Ambon dan sebagainya.
Namun sepertinya perlawanan bersenjata ini, dirasa tidak efektif. Seiring dengan berakhirnya Perang Aceh pada tahun 1910, Para Pemimpin Nusantara, mengubah siasat dengan melakukan perlawanan secara diplomasi.
Perubahan siasat ini, oleh sebagian sejarawan dianggap telah berakhirnya perlawanan Bangsa Nusantara, dan sebagai tanda bahwa Nusantara telah dikuasai Belanda sepernuhnya.
Sesungguhnya anggapan itu sangat keliru, karena yang terjadi ketika itu, adalah perubahan metode perlawanan, dari yang bersifat fisik (perang) kepada diplomasi.
Di masa perjuangan diplomasi ini, muncul pemimpin-pemimpin seperti : Tjokroaminoto, KH. Ahmad Dahlan dan KH. Hasyim Asyhari. Kemudian disusul generasi Ir. Soekarno, Muhammad Hatta, H. Agus Salim, Natsir dan Syahrir.
Fakta ini menunjukkan kepada kita, selama Belanda berupaya untuk menguasai Nusantara, tidak henti-hentinya bangsa Indonesia melakukan perlawanan.
Jika demikian, pertanyaannya…
Sejak kapan Indonesia dijajah oleh Belanda ?

WaLlahu a’lamu bishshawab

Sumber :
Artikel Menarik :

No comments: