Lokasi “Taman Sriksetra Sriwijaya”, yang dibangun abad ke-7 Masehi melalui Google Maps ?

Pada tanggal 17 November 1920, sebuah Prasasti bersejarah ditemukan oleh Louis Constant Westenenk di Palembang. Prasasti yang kemudian dikenal sebagai Prasasti Talang Tuo berangka tahun 606 Saka (684 Masehi), menggunakan huruf Pallawa dan berbahasa Melayu Kuno.
Lokasi penemuan prasasti sekitar 3 – 6 km dari Kedukan Bukit (Bukit Siguntang), disebelah barat Kota Palembang. Prasasti Talang Tuo ini berisikan informasi Penguasa Kerajaan Sriwijaya, Dapunta Hyang Sri Jayanasa membuat Taman Sriksetra yang ditanami kelapa, pinang, aren, sagu serta berbagai macam tanaman buah-buahan, bagi kemakmuran semua penduduk.

Prasasti Talang Tuo (sumber : wikipedia)
Melacak Lokasi Taman Sriksetra Kerajaan Sriwijaya
Lokasi Taman Sriksetra diperkirakan tidak jauh dari tempat ditemukannya Prasasti Talang Tuo.
Peta dibawah ini adalah lokasi dimana Prasasti Talang Tuo ditemukan. Prasasti ini ditemukan di wilayah adat Talang Tuwo, Dusun Talangkelapa, Kecamatan Talangkelapa, Palembang.
Wilayah Talang Kelapa berbatasan dengan daerah Gandus. Dengan memperkirakan Taman Sriksetra merupakan daerah yang luas, kemungkinan besar tanah adat ini mencakup hingga ke wilayah Gandus dan sekitarnya.
Posisi Prasasti kemungkinan besar berada di dekat gerbang masuk Taman Sriksetra. Dan dengan memperhatikan wilayah gandus yang berada disepanjang aliran sungai musi, diperkirakan Taman Sriksetra disebelah selatannya berbatasan dengan sungai, sebagaimana picture berikut ini…

Batas-batas Taman Sriksetra yang lebih detail tentu harus melalui penelitian dari berbagai disiplin ilmu, seperti arkeologi dan geologi. Namun secara global, dapat dikatakan lokasi taman ini berada di daerah Gandus, yang kontur tanahnya berbukit-bukit.
Bukti lain yang menguatkan wilayah Gandus dahulunya merupakan daerah Kerajaan Sriwijaya, adalah ditemukannya ribuan pecahan tembikar dan keramik di wilayah ini, yang berasal dari abad ke 8-10 masehi.
WaLlahu a’lamu bishshawab
Catatan Penambahan
1. Prasasti Talang Tuo dan Taman Sriksetra, merupakan bukti arkeologis keberadaan Kerajaan Sriwijaya. Pihak pemerintah daerah Sumatera Selatan, sepertinya perlu untuk memikirkan membangun miniatur Taman Sriksetra di daerah Gandus.
Selain memiliki nilai kesejarahan, diharapkan miniatur Taman Sriksetra ini bisa menjadi objek wisata sekaligus hutan kota, yang akan menjaga pasokan oksigen bagi penduduk Kota Palembang.
2. Dalam versi yang lain disebutkan, Prasasti Talang Tuo (Talang Tuwo), ditemukan oleh petani asal Desa Meranjat (Ogan Ilir) yang bernama Alwi Lihan, hasil temuannya kemudian dilaporkan kepada Louis Constant yang saat itu menjabat sebagai Residen Palembang.
talangtuo2
talangtuwo1
Pada tahun 1974, Hutan Adat Talang Tuwo yang berisikan kelapa, pinang, aren, juga beragam jenis bambu, dijadikan perkebunan sawit.
talangtuwo2
Pada masa sekarang, lantaran kebun sawit tidak diremajakan, lahan-lahan yang tidak produktif itu pun dibeli untuk lokasi perumahan. Berbagai perumahan sederhana maupun mewah saat ini mengelilingi daerah Talang Tuwo.

No comments: