Tanggal 13 Ramadhan Dalam Lintasan Sejarah

ilustrasi sultan murad I bersama pasukannyaTanggal 13 Ramadhan menjadi saksi wafatnya sejumlah tokoh penting dalam Islam yang telah membawa perubahan bagi sejarah peradaban Islam di mata dunia. Siapakah tokoh yang dimaksud? Berikut peritiwa di tanggal 13 Ramadhan.
Wafatnya Sultan Murad I
Nama lengkapnya adalah Sultan Murad I bin Orhan Ghazi bin Othman bin Ortgl lahir di Sogut atau yang dikenal saat ini dengan nama Bursa pada 29 Juni 1326 Masehi, dan wafat di Kosovo pada 15 Juni 1389 Masehi, atau yang bertepatan dengan 13 Ramadhan.
Beliau adalah sultan ketiga dari dinasti Ottoman yang menjabat pada usia 36 tahun pasca wafatnya Orhan bin Othman di tahun 1359 Masehi.
Menjabat sultan dinasti Ottoman selama 31 tahun, Sultan Murad I mendapa julukan sebagai Hüdavendigâr, yang berasal dari bahasa Persia خداوندگار/Khodāvandgā, yang berarti disayangi Allah.
Murad I dikenal sebagai sosok yang sangat pemberani, dermawan, dan agamis. Selama menjabat Sultan Murad I selalu berlaku adil pada rakyat dan tentaranya, serta dikenal sebagai sosok yang mencitai jihad, gemar membangun masjid, sekolah dan tempat berlindung bagi kaum dhuafa.
Selain terkenal sebagai penakluk wilayah Kosovo, Bosnia dan Herzegovina, Sultan Murad juga telah menyebarkan Islam hingga kota Sofia, ibukota Bulgaria, yang telah dikepung selama 3 tahun lamanya oleh kaum Muslimin.
Setelah kemenangan di Kosovo, Sultan Murad I melakukan inspeksi di medan perang dengan berkeliling ditengah-tengah korban perang kaum muslim dan mendoakan mereka. Pada saat itulah ada seorang pasukan Serbia yang bernama Mulyuk yang pura-pura mati dan dia segera berlari menuju sultan, namun pengawal sultan segera menangkapnya.
Dengan berkilah dan berpura-pura ingin berbicara dengan Sultan secara langsung dan akan menyatakan masuk Islam, Mulyuk memanfaatkan kebaikan Sultan Murad I yang melepaskannya dan menyatakan akan menjadi saksi prajurit Serbia tersebut masuk Islam, dengan menusuk sultan menggunakan piasau beracun. (Almasryalyoum/Ram)

No comments: