Hikayat Nakhoda Khalifah, Pelopor Kesultanan Islam di Negeri Sriwijaya ?

Menjelang akhir Dinasti Umayyah, sekelompok ulama di Kota Baghdad membaiat Syarif Muhammad al-Nafs al-Zakiyya sebagai Khalifah. Namun upaya kalangan ulama Baghdad ini kandas, dengan munculnya kekuatan baru di Jazirah Arab yang kemudian dikenal sebagai Bani Abbasiyah (750-1258).
Panasnya situasi di awal berdirinya Bani Abbasiyah, membuat Syarif Muhammad hijrah dari Kota Baghdad. Setelah berpindah-pindah dari Madinah, Makkah dan Yaman, Syarif Muhammad memutuskan untuk menjelajahi samudra untuk berdakwah menuju negeri-negeri timur. Syarif Muhammad kemudian dikenali sebagai Nakhoda Khalifah, Syarif Muhammad al-Baghdadi (sumber : misteri nakhoda khalifah, sejarah kesultanan perlak).
Nakhoda Khalifah di Nusantara
Pelayaran dakwah Nakhoda Khalifah, telah meninggalkan jejak-jejak sejarah di negeri-negeri yang ia singgahi.
Rombongan dakwah Nakhoda Khalifah tercatat menyinggahi wilayah Sindh India. Di daerah ini, Syarif Muhammad menempatkan salah seorang puteranya, yang kemudian dikenal masyarakat Pakistan sebagai Abdullah Shah Ghazi (sumber : wikipedia.org).
Berdasarkan Kitab Idharul Haq Fi Mamlakatil Peureulak, karangan Abu Ishak Al-Makarani Sulaiman Al-Pasy, pada tahun 173 H (800 M), Bandar Perlak disinggahi oleh satu kapal yang membawa kurang lebih 100 orang da’i di bawah pimpinan Nahkoda Khalifah.
Sebagian dan anggota rombongan itu kemudian menikah dengan penduduk lokal, salah satunya putera Nakhoda Khalifah bernama Syarif Ali bin Muhammad, yang menikah dengan adik Penguasa Perlak bernama Puteri Makhdum Tansyuri Dewi (sumber : atjehcyber.net, Kesultanan Perlak).
Sumber Kedah mencatat, Syarif Ali pada tahun 804 M, diangkat menjadi Penguasa Perlak Kedah, dengan gelar Syarif Ali Sultan Alirah Shah (Sultan Perlak Kedah, 804-840).
Sepeninggal Syarif Ali, kedua puteranya memimpin wilayah Perlak Kedah, yaitu Kerajaan Perlak oleh Sultan Alaidin Maulana Abdul Aziz Syah (Sultan Perlak, 840-864) dan Kerajaan Kedah Islam, oleh Sultan Hussain Syah Alirah (Sultan Kedah Islam, 840-881) .
Menurut keterangan Ibnu Hordadzbeth (844-848 M), Sulayman (902 M), Ibnu Rosteh (903 M), Abu Zayid (916 M), dan ahli geografi Mas’udi (955 M), menyebutkan di negeri Sriwijaya terdapat Kesultanan (Sribuza) yang berada di bawah kekuasaan Raja Zabag. Kemungkinan besar Kesultanan Islam yang dimaksud adalah Kesultanan Perlak dan atau Kesultanan Kedah Islam, yang telah wujud pada sekitar tahun 804 M (sumber : Sejarah Nusantara).
Catatan Penambahan :
1. Silsilah Nakhoda Khalifah sampai kepada Rasulullah adalah sebagai berikut : Nakhoda Khalifah (Syarif Muhammad al-Nafs al-Zakiyya) bin Syarif Abdullah al-Kamil bin Syarif Hassan al-Muthanna bin Sayyidina Hassan radhiallahu ‘anhu bin Sayyidatuna Fatimah az Zahra binti Sayyidina Muhammad Rasulullah.

WaLlahu a’lamu bishshawab

No comments: