Madrasah Kamiliyya, Jejak Peninggalan Dinasti Ayyubiyah

Madrasah Kamiliyyah
Madrasah Kamiliyyah
Foto: Syrian Arab News Agency
Lembaga ini merupakan salah satu pencetak hafizh di Aleppo


Bangunan itu terletak di luar tembok kota tua Aleppo, Suriah, kira-kira 300 meter dari arah selatan Bab El Maqam. Madrasah Kamiliyya, demikian namanya, merupakan suatu situs bersejarah peninggalan Dinasti Ayyubiyah.


Penampakan arsitekturnya membuktikan kehebatan seni dan budaya pada masa itu. Madrasah ini dibangun pada abad ke-13, yakni masa hidupnya Fatima Khantun, putri Sultan Ayyubiyah al-Malik al-Kamil. Nama lembaga itu mengikuti gelar raja tersebut.


Menurut arkeolog sekaligus sejarawan Abdul Hajjar, Madrasah Kamiliyya dibangun sekitar tahun 1236. Letaknya di dalam sebuah komplek persegi panjang, dengan luas kurang-lebih 800 meter persegi.


photo


Salah satu pintu Madrasah Kamiliyyah, Aleppo, Suriah (sumber: archnet.org)

Madrasah ini memiliki pintu masuk berkubah di sisi utara. Pintu masuk ini mengarah ke koridor panjang yang membentang dari selatan hingga barat menuju halaman kompleks tersebut.


Melansir Sana News, insinyur yang juga penggiat warisan sejarah Kota Aleppo, Mahmoud Saket, menilai Madrasah Kamiliyya sebagai legasi penting Dinasti Ayyubiyah. Tempat itu memiliki aula besar dan mihrab serta tiga lorong yang mengarah ke selatan, timur, dan barat.


Dia meneruskan, Madrasah Kamiliyya bukan hanya tempat bagi para pencari ilmu pada masa itu, tetapi juga menyediakan keramahtamahan bagi orang-orang yang singgah. Khususnya mereka yang membutuhkan, pemerintah kota setempat waktu itu memberikan makanan dan minuman gratis.


Dalam hal arsitektur, lanjut Saket, Madrasah Kamiliyya juga terkenal dengan kubah batunya yang khas. Kubah itu telah mengalami beberapa perbaikan, teranyar pada 2010.


“Madrasah ini masih mempertahankan peran ilmiah dan keagamaannya, sebab telah ditunjuk sebagai lembaga untuk (mencetak) para penghafal AlQuran,” tutur Saket separti dilansir Syrian Arab News Agency, Senin (11/2).


Direktur Madrasah Al Kamiliyya Mohamed Hamza Attar mengatakan bahwa Madrasah itu bagaikan sepotong mosaik yang melengkapi Kota Tua Aleppo. Madrasah itu berdekatan dengan fasilitas penginapan, rumah sakit dan pasar di sekitarn

No comments: