Kisah Merayakan Tahun Baru Yahudi di Suasana Holocaust

Sebuah keluarga Yahudi pada perayaan Rosh Hashanah Kisah liburan orang Yahudi di tengah Holocaust Mungkin bagi orang Indonesia sudah bisa tahu apa perasaan batin orang Palestina yang hidup terkepung dalam pagar di jalur Gaza setiap kali perayaan tahun baru baik tahun baru Islam atau tahun baru Kristen (Masehi).

Kali ini dengan ada tulisan yang menarik dalam Jerusalem Post mengenai perasaan orang Yahudi kala merayakan tahun barunya, Rosh Hasanah, kala hidup di tengah suasana kamp pembantaian Yahudi oleh Jerman (Holocaust) pada tahun 1939. Tahun baru Yahudi kali ini dirayakan dua hari yang lalu, yakni 18 September 2020.

Artikel itu berjudul  Rosh Hashanah of 1939: A holiday in the middle of the Holocaust (Rosh Hashanah tahun 1939: Liburan di tengah Holocaust). Dalam artikel ini diberi sub judul: 'How did Jews celebrate the Jewish New Year in the midst of the most horrendous period in Jewish history?' (Bagaimana orang Yahudi merayakan Tahun Baru Yahudi di tengah periode paling menghebohkan dalam sejarah Yahudi?).

Begini tulisan artikel yang ditulis Charles Tico itu selengkapnya:

-------------

Saat itu sore hari pada hari Rabu, 13 September 1939. Seperti yang telah sering saya lakukan sebelumnya selama tiga tahun terakhir, saya mengambil trem nomor lima dari rumah saya di 5 Dolni Street di Brno, tempat kelahiran saya - yang sekarang berada di “ Protektorat Jerman Bohemia dan Moravia ”(pernah setengah dari Cekoslowakia) - ke pemberhentian Divadelni di Jalan Koliste. Di sana, seperti biasa, saya turun dari trem sebelum berhenti sepenuhnya.

Pada masa itu, trem di Brno yang memiliki pintu terbuka, dan merupakan kebanggaan bagi anak berusia 12 tahun. Saya saat itu seperti tengah untuk tidak menunggu sesuatu yang biasa seperti trem lainnya, alhasil sebelum berhenti total saya terlebih dahulu melompat ke atasnya dengan penuh semangat. Selain itu, dengan melompat saya lebh menguntungkan dari pada harus berjalan kembali sekitar tiga rumah, Maka setiap meter sebelumnya saya melompat maka berarti saya harus berjalan lebih sedikit.

Rosh Hashanah of 1939: A holiday in the middle of the Holocaust - The  Jerusalem Post

Saya berjalan kembali ke sebuah rumah apartemen besar di belakang tempat “kuil kecil” kami berada. Itu sebenarnya bukan sinagoga kecil. Itu mungkin menampung 500 jemaah. Tetapi Brno dulu memiliki "kuil besar" yang dibakar Nazi setelah mereka menginvasi negara kami pada tanggal 15 Maret 1939.

Saya berjalan melalui lorong tengah gedung ke halaman di belakang dan tiba di sinagoga kami dan tiga pintu masuknya jalan ke tempat kudus. Pintu tengah untuk pria dan mengarah ke lantai dasar. Pintu samping untuk wanita dan mengarah ke balkon yang mengelilingi lantai dasar di tiga sisi.

Saya tidak masuk ke salah satu pintu ini, dan sebaliknya berbelok ke kanan lalu ke kiri dan berjalan di sepanjang sisi bangunan ke sebuah pintu masuk di belakang. Di sana saya masuk dan mencapai ruang paduan suara untuk bergabung dengan sesama anggota paduan suara, empat laki-laki dan lima atau enam laki-laki lain yang mengenakan gaun, tallitot dan kippot dalam persiapan kebaktian malam.

Ketika saya berumur sembilan tahun saya sempat mengikuti audisi untuk paduan suara dan telah diterima. Selama tiga tahun terakhir saya menyanyikan soprano, dan pada tahun 1939 telah menjadi sopran utama yang menyanyikan semua bagian solo.

Ini bukanlah Jumat malam atau kebaktian pagi Shabbat biasa, acara mingguan ketika paduan suara berpartisipasi dalam upacara. Malam ini kami bersiap-siap untuk membantu penyanyi dan jemaah dalam merayakan Rosh Hashanah, peluncuran hari pertama Tahun Baru dalam kalender Yahudi. Kami berasumsi bahwa Cantor Ast dan rabi sudah berada di sebuah ruangan kecil di seberang gedung, juga sedang bersiap-siap untuk kebaktian.

Penyanyi Ast adalah pria bertubuh kecil, baik hati, dan lembut dengan suara menyenangkan yang telah melatih kami selama seminggu untuk malam penting ini. Dia dan saya sudah membuat rencana untuk bar mitzvah saya pada bulan April berikutnya. Sayangnya, peristiwa itu tidak pernah terjadi.

Saya telah diberi tahu, pengetahuan Yahudi mengajarkan bahwa, sejak usia 70, Anda mulai menghitung tahun Anda lagi. Jadi, saya menunggu 70 tahun, sampai saya berusia 83 tahun ketika, dengan istri tercinta di sisi saya, dikelilingi oleh anak-anak, cucu, banyak teman dan bahkan pengunjung dari Israel, saya bangkit di bimah Kuil Emanuel dari Lembah Pascack di Woodcliff Lake, New Jersey, untuk membaca dari Taurat, melafalkan Haftarah saya dan memiliki bar mitzvah yang benar-benar menghangatkan hati dan bermakna.

No comments: