Kisah Sayyidah Fathimah daKisah Sayyidah Fathimah dan Asal-usul Keranda Mayat Rusman H Siregarn Asal-usul Keranda Mayat

Kisah Sayyidah Fathimah dan Asal-usul Keranda Mayat
Sayyidah Fathimah Az-Zahra radhiyallahu anha dijuluki sebagai penghulu perempuan surga dan teladan terbaik bagi kaum perempuan di dunia. Foto ilustrasi/Ist
Sayyidah Fathimah Az-Zahra radhiyallahu 'anha adalah satu dari empat perempuan pemuka surga. Putri kesayangan Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم ini lahir dari rahim mulia Sayyidah Khadijah binti Khuwailid yang juga salah satu perempuan pemuka surga. Sayyidah Fathimah dijuluki sebagai pemimpin perempuan umat Islam dan teladan terbaik bagi kaum perempuan di dunia.

Ada satu kisah Sayyidah Fathimah yang sangat berharga dan penuh hikmah. Kisah ini berkaitan dengan akhlak beliau dalam menjaga kehormatan. Dari kisah inilah cikal bakal dibuatnya keranda mayat yang kini digunakan umat Islam di seluruh dunia. Berikut kisahnya.

Ketika Sayyidah Fathimahsedang sakit diambang wafat, maka Asma bintu Umais radhiyallahu 'anha datang menjenguknya. Maka Fathimah berkata kepada Sayyidah Asma: "Wahai Asma, aku begitu malu ketika harus keluar besok hari di hadapan para lelaki (ketika aku telah meningal) dan tubuhku dibawa di atas peti mati".

Peti mati ketika itu hanyalah sebuah kayu datar yang terbuka.Tubuh mayyit yang sudah tertutup oleh kain kafan akan diletakkan di atasnya dan ditutup lagi dengan sebuah kain sebagai tambahan. Fathimah sangat malu dan sedih ketika tubuhnya akan terbentuk oleh kain kafan.

Beliau tidak ingin ada seorang lelaki dapat melihat bentuk dan lekuk tubuhnya. Maka dengarkanlah kembali isi curhatan Fathimahyang sungguh mendalam:

إِنِّي قَدِ اسْتَقْبَحْتُ مَا يُصْنَعُ بِالنِّسَاءِ أَنْ يُطْرَحَ عَلَى الْمَرْأَةِ الثَّوْبُ فَيَصِفُهَا

"Sesungguhnya aku merasa malu dengan apa yang terjadi untuk para wanita ketika mereka dipakaikan sebuah kain kafan, maka kafan itu membentuk tubuhnya".


Mendengar curhan hati dari Fathimah, maka Asma bintu Umais berkata padanya:

يَا ابْنَةَ رَسُولِ اللهِ أَلَا أُرِيكِ شَيْئًا رَأَيْتُهُ بِالْحَبَشَةِ

"Wahai putri Rasulullah, maukah aku kabarkan kepadamu sebuah peti mati yang aku lihat di Habasyah?"

Maka Asma membuat peti mati yang tertutup dari semua sisinya seperti sebuah kardus. Ketika peti mati sudah jadi, Asma kemudian menutup peti mati itu kembali dengan sebuah kain yang luas maka tubuh mayyit yang dibawa di atasnya tidak akan mungkin terbentuk atau tersifati.

Melihat perbuatan Asma tersebut, Fathimah begitu bahagia. Seketika, Fathimah berkata kepada Asma: 

سترك الله كما سترتني مَا أَحْسَنَ هَذَا وَأَجْمَلَهُ تُعْرَفُ بِهِ الْمَرْأَةُ مِنَ الرَّجُلِ فَإِذَا مِتُّ أَنَا فَاغْسِلِينِي أَنْتِ وَعَلِيٌّ

"Semoga Allah menutup auratmu sebagaimana engkau telah berusaha untuk menutup auratku."

"Betapa indahnya buatanmu ini, sehingga wanita yang meninggal bisa dibedakan dengan lelaki yang meninggal. Jika aku mati, maka mandikanlah diriku bersama Ali" (HR. Abu Nu'aim Al-Asbahani pada Hilyah Al-Aulia 2/43)

Subhanallah, Sayyidah Fatimah malu padahal nantinya hanyalah seorang yang sudah wafat dan itupun sudah benar-benar tertutup dan terbungkus dengan 5 kain kafan. 

Apalagi yang akan terlihat? Sayyidah Fathimah tidaklah mencurahkan isi hatinya ketika di pasar atau sebuah taman,
namun beliau mencurahkan isi hatinya ketika beliau diambang kematian.

Sayyidah Fathimah malu ketika beliau sudah wafat, maka bagaimana dengan wanita yang masih hidup tidak memiliki rasa malu? Seandainya Fathimah melewati sebuah pasar yang ada di zaman sekarang ini dan beliau melihat para wanita zaman sekarang, maka apa yang akan Beliau katakan? 

Tidak dipungkiri, wanita saat ini tak sedikit yang berani melepaskan hijabnya, bahkan menggunakan pakaian sempit lagi minim. Wanita saat ini sudah hilang rasa malunya, mereka berani memperindah dan menampilkan keindahan tubuhnya sehingga mengundang syahwat laki-laki. Semoga Allah Ta'ala memberi hidayah kepada kita.

Apa yang membuat Sayyidah Fathimah sampai pada keududukan tinggi seperti ini? Ini karena sabda Rasulullah صلى الله عليه وسلم yang ada pada diri Fathimah. 

الحَيَاءُ لاَ يَأْتِي إِلَّا بِخَيْرٍ

"Rasa malu tidak akan mendatangkan kecuali kebaikan" (HR. Al-Bukhari)

Semenjak itu, akhirnya umat Islam di seluruh dunia pun meniru hal yang sama pada jenazah Sayyidah Fatimah. Jenazah diletakkan di atas keranda untuk dibawa ke pemakaman. Subhanallah, kita patut berutang jasa kepada Sayyidah Fathimah yang memuliakan jenazah khusunya kaum perempuan

Sumber:
1. Sirah Nabawiyah
2. Hilyah Al-Aulia

Wallahu A'lam
(rhs) Rusman H Siregar

No comments: