Pada abad ke-16, Muslim Tibet ini, sekarang dikenal sebagai Khache, membentuk bagian integral dari zaman keemasan Tibet, menurut David Atwill, seorang profesor sejarah di Pennsylvania State University
Ketika Sakina Batt, seorang Muslimah muda Tibet dari Nepal, menyelesaikan pekerjaanya dengan pemerintah Tibet di pengasingan di Dharamsala, India, dia menerima sebuah kehormatan langka: audiensi dengan Dalai Lama, pemimpin spiritual Tibet.
“Saya benar-benar tertekan ketika saya memasuki ruangan,” katanya. “Lingkungannya seperti itu dan getarannya sedemikian rupa sehingga meskipun itu hanya penonton virtual, saya merasa sangat istimewa.”
“Hanya karena saya minoritas, hanya karena saya seorang Muslim Tibet yang bekerja di pemerintahan, saya diberi kesempatan itu,” tambah Batt.
“Kebanyakan orang tidak tahu tentang keberadaan Muslim Tibet,” katanya kepada Radio Free Asia.
“Agama, tentu saja, adalah satu-satunya perbedaan antara Muslim Tibet dan Buddha Tibet,” katanya kepada RFA. “Selain itu, semuanya sama. Kami memiliki budaya yang sama, kami memiliki tradisi dan bahasa yang sama, apa yang kami makan sama, dan apa yang kami pakai juga sama.”
Batt, 30, berasal dari sebuah komunitas dengan leluhur setidaknya berasal dari abad ke-14, ketika pedagang Muslim dari Nepal, China, Kashmir, dan Ladakh mulai menetap di Tibet, menurut informasi di situs web Tibet House US, sebuah lembaga budaya Tibet yang berbasis di New York.
Para pendatang ini menikah dengan wanita Buddha Tibet, yang kemudian masuk Islam, sambil mengadopsi bahasa dan adat Tibet.
Pada abad ke-16, Muslim Tibet ini, sekarang dikenal sebagai Khache, membentuk bagian integral dari zaman keemasan Tibet, menurut David Atwill, seorang profesor sejarah di Pennsylvania State University yang menulis tentang umat Islam Tibet dalam bukunya 2018 Islamic Shangri-La: Inter -Hubungan Asia dan Komunitas Muslim Lhasa, 1600 hingga 1960.
“Di [Daerah Otonomi Tibet], sebagian besar orang Khache, ketika dipaksa untuk memilih etnis mereka yang ditunjuk secara resmi … telah mengidentifikasi diri mereka sebagai etnis Tibet bahkan ketika mereka terus percaya pada Islam dan sholat di masjid-masjid setempat,” tulis Atwill dalam email.
Setelah China mengambil alih Tibet pada tahun 1950 dan Dalai Lama melarikan diri ke Dharamsala sembilan tahun kemudian, banyak Muslim Tibet meninggalkan wilayah itu ke daerah tetangga untuk melestarikan agama dan identitas yang mereka rasakan terancam di bawah Komunis China.
Komunitas terbesar mereka tinggal di Kashmir, tetapi komunitas yang lebih kecil juga dapat ditemukan di Darjeeling dan Kalimpong di kaki bukit Himalaya di negara bagian Benggala Barat India, dan di Kathmandu, Nepal, tempat 120 keluarga Muslim tinggal, menurut artikel Mei 2018 di Nepali Times.
Mereka diberikan kewarganegaraan oleh India karena berasal dari Kashmir. Hari ini, Muslim Tibet membentuk minoritas yang sangat kecil di Tibet.
Di Daerah Otonomi Tibet, umat Islam beribadah setidaknya di lima masjid di ibu kota daerah Lhasa dan hidup damai dengan umat Buddha, kata Atwill.
“Seperti saudara-saudara mereka di Tibet Buddha, Muslim Tibet menghadapi berbagai tantangan untuk mempertahankan identitas Tibet mereka, menjaga kelancaran berbahasa Tibet dengan generasi muda dan mengidentifikasi cara untuk mempromosikan identitas Tibet mereka di masa-masa sulit secara politik,” tulisnya.
“Selama di TAR, mereka terus berjuang untuk mengangkangi perbedaan etno-religius antara menjadi orang Tibet dan Muslim, ketika menjadi Muslim sama-sama dianggap sebagai Hui (bukan orang Tibet),” katanya.
Atwill mengatakan China kemungkinan memilih untuk memperlakukan umat Islam Tibet secara berbeda dari Uyghur karena “kehati-hatian” dan keinginan untuk tidak mendorong Khache bersolidaritas dengan mayoritas etnis Tibet, banyak dari mereka menginginkan kemerdekaan dari China.
“Yang mengatakan, Khache, seperti Muslim di seluruh China, tetap waspada dan prihatin dengan perubahan anti-agama yang mencolok dari kebijakan baru-baru ini,” katanya.
Di bawah pemimpin X Jinping, China telah mengkampanyekan untuk “mencinaisasi” agama dan membuat penganutnya menempatkan kesetiaan mereka di Partai Komunis China yang berkuasa.
Di Xinjiang, yang terletak di sebelah utara Tibet, diperkirakan 1,8 juta Uyghur dan minoritas Islam Turki lainnya telah dipenjara di jaringan kamp pengasingan yang luas di mana mereka menjadi sasaran kekerasan dan kerja paksa.
Dalai Lama saat ini pernah mengunjungi komunitas Muslim Tibet di Srinagar, Kashmir, pada 2012, secara teratur menerima perwakilan mereka, dan telah berpartisipasi dalam acara antaragama, kata José Cabezón, profesor Dalai Lama untuk Studi Budaya dan Buddha Tibet di Universitas California, Santa Barbara.
“Dalai Lama menganggap Muslim Tibet sebagai bagian integral dari rakyat Tibet, dan sangat menghormati sejarah dan budaya mereka,” kata Cabezón.*
Rep: Nashirul Haq
Editor: Bambang S
No comments:
Post a Comment