Dua Menara : Firaun dan Babel



Dan berkata Fir'aun: "Hai pembesar kaumku, aku tidak mengetahui tuhan bagimu selain aku. Maka bakarlah hai Haman untukku Thiin (tanah liat) kemudian buatkanlah untukku bangunan yang tinggi supaya aku dapat naik melihat Tuhan Musa, dan sesungguhnya aku benar-benar yakin bahwa dia termasuk orang-orang pendusta." (QS 28:38)

Ayat diatas menceritakan kesombongan Firaun (Ramses II) yang menganggap bahwa dirinyalah Tuhan, dan Tuhan yang dikatakan Musa as. itu tidak ada. Untuk membuktikannya, Firaun memerintahkan kepada pembesarnya (Haman) untuk membangun sebuah bangunan tinggi (MENARA) agar dia bisa membuktikan bahwa Tuhan yang dikatakan oleh Musa as. itu tidak ada.

Dalam ayat ini ada DUA penjelasan yang menarik. Yang satu sudah mulai terungkap. Satunya lagi masih dalam penafsiran penulis.


Yang Pertama:
Ramses II adalah salah satu dari Pharaoh/Firaun dari sekian banyak Pharaoh2 mesir sebelumnya. Banyak diantara Pharaoh ini membangun bangunan yang luarbiasa besar, salah satunya adalah Piramid. Tentunya bangsa Mesir dibawah kekuasaan Ramses II juga memiliki ilmu pengetahuan & tekhnologi yang kurang lebih sama dengan para pendahulunya yang membangun bangunan-bangunan yang besar seperti piramid.

Bangunan MENARA yang diperintahkan oleh Ramses II untuk dibangun, tentunya juga dibangun dengan cara yang sama dengan cara membangun piramid. Pada ayat diatas dikatakan ... "bakarlah hai Haman untukku Thiin (tanah liat) ..." ini menunjukkan bahwa pembangunan sebuah bangunan dijaman Pharaoh2 adalah dengan membuat semacam batu bata sebagai bahannya, BUKAN dengan memotong batu-batuan yang ada di alam.

Hal ini sudah dibuktikan oleh para ilmuwan, salah satunya oleh Profesor Geopolymer Joseph Davidovits dalam salah satu papernya yang bejudul "X-Ray Analysis and X-Ray Diffraction of Casing Stones from the Pyramids of Egypt, and the Limestone of the Associated Quarries" yang dipublikasikan pada Science in Egyptology, Proceedings of the Science in Egyptology Symposia, Manchester, U.K. pada tahun 1984. Anda bisa mendownloadnya disini.

Davidovits mengatakan bahwa sistem geopolimeris yang rumit sudah diproduksi di Mesir sejak 4700 tahun yang lalu. Profesor Davidovits telah mengambil batu piramida yang terbesar untuk dilakukan analisis dengan menggunakan mikroskop elektron terhadap batu tersebut dan menemukan jejak reaksi cepat yang menegaskan bahwa batu terbuat dari lumpur. Selama ini, tanpa penggunaan mikroskop elektron, ahli geologi belum mampu membedakan antara batu alam dan batu buatan. Dengan metode pembuatan batu besar melalui cara ini, sang profesor membutuhkan waktu sepuluh hari hingga mirip dengan batu aslinya.


Sebelumnya, seorang ilmuwan Belgia, Guy Demortier, telah bertahun-tahun mencari jawaban dari rahasia di balik pembuatan batu besar di puncak-puncak piramida. Ia pun berkata, “Setelah bertahun-tahun melakukan riset dan studi, sekarang saya baru yakin bahwa piramida yang terletak di Mesir dibuat dengan menggunakan tanah liat.” Penemuan oleh Profesor Prancis Joseph Davidovits soal batu-batu piramida yang ternyata terbuat dari olahan lumpur ini memakan waktu sekitar dua puluh tahun. Sebuah penelitian yang lama tentang piramida Bosnia, "Piramida Matahari" dan menjelaskan bahwa batu-batunya terbuat dari tanah liat! Ini menegaskan bahwa metode ini tersebar luas di masa lalu.



Koran Amerika New York Times edisi 1 Desember 2006, menerbitkan berita ilmiah yang mengkonfirmasi bahwa Firaun menggunakan tanah liat untuk membangun piramida! Menurut penelitian tersebut disebutkan bahwa batu yang digunakan untuk membuat piramida adalah tanah liat yang dipanaskan hingga membentuk batu keras yang sulit dibedakan dengan batu aslinya.

Para ilmuwan mengatakan bahwa Firaun mahir dalam ilmu kimia dalam mengelola tanah liat hingga menjadi batu. Dan teknik tersebut menjadi hal yang sangat rahasia jika dilihat dari kodifikasi nomor di batu yang mereka tinggalkan.

Profesor Gilles Hug, dan Michel Profesor Barsoum menegaskan bahwa Piramida yang paling besar di Giza, terbuat dari dua jenis batu: batu alam dan batu-batu yang dibuat secara manual alias olahan tanah liat.

Dan dalam penelitian yang dipublikasikan oleh majalah “Journal of American Ceramic Society” menegaskan bahwa Firaun menggunakan jenis tanah slurry untuk membangun monumen yang tinggi, termasuk piramida. Karena tidak mungkin bagi seseorang untuk mengangkat batu berat ribuan kilogram. Sementara untuk dasarnya, Firaun menggunakan batu alam.

Lumpur tersebut merupakan campuran lumpur kapur di tungku perapian yang dipanaskan dengan uap air garam dan berhasil membuat uap air sehingga membentuk campuran tanah liat. Kemudian olahan itu dituangkan dalam tempat yang disediakan di dinding piramida. Singkatnya lumpur yang sudah diolah menurut ukuran yang diinginkan tersebut dibakar, lalu diletakkan di tempat yang sudah disediakan di dinding piramid.

Alquran Ternyata Lebih Dulu Punya Jawaban dan Alquran telah mengungkapkan hal ini 1400 tahun sebelum mereka mengungkapkannya.

Kita tahu bahwa Nabi Muhammad saw tidak pergi ke Mesir dan tidak pernah melihat piramida, bahkan mungkin tidak pernah mendengar tentangnya. Kisah Firaun, terjadi sebelum masa Nabi saw ribuan tahun yang lalu, dan tidak ada satupun di muka bumi ini pada waktu itu yang mengetahui tentang rahasia piramida. Apalagi bangsa arab yang pada waktu itu sama sekali tidak mengenal teknik membangun bangunan2 besar dan tinggi.
Subhanallah! Sungguh suatu hal yang hanya dapat dipahami oleh orang orang yang bukan sekedar berakal, tetapi juga mempergunakan akalnya.


Yang Kedua
Kalau didalam kitab perjanjian lama, pembangunan bangunan yang tinggi atau menara dikenal dengan nama Menara Babel. Disitu dikatakan bahwa menara babel dibangun oleh Nimrod anak cucu Nabi Nuh di zaman Babilon kuno, jauh sebelum zaman Nebuchadnezzar. Orang tua Nimrod adalah Cush, putra Ham.



Genesis 11:4 Kata mereka, "Mari kita mendirikan kota dengan sebuah menara yang puncaknya sampai ke langit, supaya kita termasyhur dan tidak tercerai berai di seluruh bumi."
11:5. Maka turunlah TUHAN untuk melihat kota dan menara yang didirikan oleh manusia.
11:6 Lalu Ia berkata, "Mereka ini satu bangsa dengan satu bahasa, dan ini baru permulaan dari rencana-rencana mereka. Tak lama lagi mereka akan sanggup melakukan apa saja yang mereka kehendaki.
11:7 Sebaiknya Kita turun dan mengacaukan bahasa mereka supaya mereka tidak mengerti lagi satu sama lain."
11:8 Demikianlah TUHAN menceraiberaikan mereka ke seluruh bumi. Lalu berhentilah mereka mendirikan kota itu.
11:9 Sebab itu kota itu diberi nama Babel, karena di situ TUHAN mengacaukan bahasa semua bangsa, dan dari situ mereka diceraiberaikan oleh TUHAN ke seluruh bumi

Jadi Nimrod membuat menara yang sangat tinggi juga untuk kesombongan. Mirip seperti cerita Firaun diatas. Lalu Tuhan menurut ayat ini membuat para pembangun menara ini tiba2 tidak saling memahami lagi karena bahasa mereka berbeda dan proyek menara ini tidak selesai.

Sedangkan di Quran dijelaskan bahwa orang yang menyuruh membuat bangunan tinggi sampai ke pintu-pintu langit itu adalah Firaun atau Ramses II, dijelaskan juga pada ayat:

Dan berkatalah Fir'aun: "Hai Haman, buatkanlah bagiku sebuah bangunan yang tinggi supaya aku sampai ke pintu-pintu,(yaitu) pintu-pintu langit, supaya aku dapat melihat Tuhan Musa dan sesungguhnya aku memandangnya seorang pendusta." Demikianlah dijadikan Fir'aun memandang baik perbuatan yang buruk itu, dan dia dihalangi dari jalan (yang benar); dan tipu daya Fir'aun itu tidak lain hanyalah membawa kerugian. (QS 40:36-37)

Bangunan tinggi disini bisa ditafsirkan sebagai menara, karena sangat tinggi sampai pintu langit dan dimaksudkan untuk "mengamati" Tuhan. Kemungkinan besar bangunan ini tidak pernah selesai dibuat oleh Haman dan oleh sebab itu membawa kerugian ekonomi yang besar bagi Firaun.

Apakah Menara Babel dan Menara Firaun ini dua-duanya pernah ada? Tidak satupun bukti arkeologi dari keduanya ditemukan hingga saat ini.

Ataukah kitab perjanjian lama telah merubah kisah yang sebenarnya adalah kisah Firaun Mesir lalu mereka ubah menjadi kisah Nimrod bangsa babilonia awal?

Mengapa Menara Firaun belum ditemukan minimal reruntuhannya? Perhatikan ayat berikut:

Dan Kami pusakakan kepada kaum yang telah ditindas itu, negeri-negeri bahagian timur bumi dan bahagian baratnya yang telah Kami beri berkah padanya. Dan telah sempurnalah perkataan Tuhanmu yang baik (sebagai janji) untuk Bani Israil disebabkan kesabaran mereka. Dan Kami hancurkan apa yang telah dibuat Fir'aun dan kaumnya dan apa yang telah dibangun mereka. (QS 7:137)

ayat diatas mengatakan bahwa Tuhan telah menghancurkan bangunan-bangunan yang telah dibangun oleh Firaun dan kaumnya. Tapi mengapa piramid masih berdiri tegak? karena piramid2 yang ada sekarang itu bukan firaun (Ramses II) yang membangunnya. Tugas para sejarawan muslim lah utk menemukan sisa-sisa menara Ramses II ini. (mudah2an ada yg mensponsori saya utk menemukannya. amin)
Mungkin suatu saat sisa-sisa menara Firaun ini bisa ditemukan ... WALLAHUALAM


Al-Quran dan beberapa sumber kecil lainnya

No comments: