Jalaluddin Rumi: Malam Reuni dengan Tuhan (2)
Karena Jalāl ad-Dīn Muhammad Rūmī menganggap kematiannya bukan sebagai akhir tetapi sebagai reuni dengan Tuhan tercinta, peringatan kematiannya disebut 'Malam Perpaduan' atau juga disebut sebagai 'Malam Reuni'.
Rumi menafsirkan kematian sebagai kembali ke asal-usul manusia atau kembali kepada Allah karena fakta sumber kehidupannya adalah alam ilahi.
Menurut Rumi, kematian bukanlah lenyapnya jasmani, melainkan pelarian menuju Allah. Rumi mengungkapkan filosofinya tentang kematian dengan kata-kata: "Semua orang menyebutnya sebagai pergi, namun saya menyebutnya sebagai reuni."
Filosofi dasar Ordo Mevlevi: Upacara Sema
Upacara sema yang dilakukan pada acara peringatan Rumi diperingati mengandung simbol-simbol penting yang mencerminkan filosofi dasar Ordo Mevlevi.
Sema secara umum mengungkapkan pembentukan alam semesta, kebangkitan manusia di dunia, manusia bertindak dengan cintanya kepada Tuhan dan perjalanannya menuju manusia yang sempurna.
Upacara Sema melambangkan perjalanan mistik dari pendakian spiritual manusia melalui pikiran dan cinta menuju kesempurnaan.
Kostum simbolis dari para darwis yang berputar-putar (semazens) yang melakukan upacara sema juga memiliki arti penting.
Sementara topi kerucut (sikke) mewakili batu nisan ego, rok panjang putih mewakili kain kafan ego.
Di atas jubah itu, para darwis yang berputar-putar mengenakan jubah hitam panjang (hırka) yang melambangkan kuburan duniawi mereka.
Di awal pertunjukan, semazen membuka kedua tangan ke sisi mereka seolah-olah merangkul alam semesta dan mulai berputar berlawanan dengan arah jarum jam.
Tangan kanan, telapak tangan ke atas mengarah ke langit, melambangkan kesiapan untuk menerima kemurahan hati Tuhan.
Telapak tangan kiri melihat ke bawah ke arah bumi, melambangkan kesediaan para semazens untuk menyampaikan pesan Tuhan kepada mereka yang menyaksikan Sema dan yang lainnya.
Selama pusaran, semazens melepas jubah gelap mereka yang mewakili rasa terlahir kembali ke kebenaran secara simbolis dan dengan menyilangkan tangan mereka di dada, mereka mewakili angka satu.
Dengan demikian, semazens menjadi saksi keyakinan bahwa "hanya ada satu Tuhan".
Dia dicintai dan dihormati oleh semua agama karena puisi dan tulisan agamanya yang merangkul seluruh umat manusia.
Rumi memiliki banyak atribut seperti penyair Muslim, ahli hukum, ulama, teolog, dan mistikus sufi, namun dia sejatinya lebih dari itu.
Rumi mewakili tatanan kehidupan dalam dirinya sendiri karena dia percaya pada "esensi sejati", sisanya hanya gambaran.
Rumi, yang pintunya selalu terbuka bagi semua orang, apa pun ras maupun agamanya, telah menjadi simbol kesetaraan di dunia dalam segala hal.
Setiap tahun, pengunjung dari seluruh dunia mengikuti upacara yang diadakan di Konya untuk memperingati kematian Jalāl ad-Dīn Muhammad Rūmī, yang menyebarkan pandangan humanis dan penuh kasih ini kepada seluruh umat manusia.
No comments:
Post a Comment