Suasana masyarakat masa kesultanan Seljuk.
Seljuk Anatolia adalah pendiri negara Turki sejati pertama di Anatolia (sekarang Turki). Seljuk dari Anatolia bertanggung jawab atas salah satu periode terkaya dan paling inventif dalam budaya Turki. Mereka menguasai sebagian besar Turki selama hampir dua abad, antara abad 11-13, dari ibu kota mereka di Konya. Selama waktu itu, budaya mereka yang halus dan tercerahkan tumbuh subur di sebagian besar negeri.
Anatolia, atau Asia Kecil seperti yang dikenal pada zaman kuno, telah dihuni selama 30.000 tahun. Wilayah ini laksana jembatan darat penghubung antara seljuk di wilayah timur (Asia) dan Romawi di barat (Eropa). Ini makin menarik okasinya memiliki sumber daya alam yang melimpah, air, tanah yang baik, dan iklim yang cukup sesuai. Itu selalu menarik bagi para pemukim dari banyak peradaban sejak awal waktu, seperti orang Het, Urartia, Phrygians dan Yunani, dan, terakhir, Turki dari Timur.
Setelah Pertempuran Manzikert tahun 1071, Seljuk Anatolia memasuki dan menduduki bagian tengah Anatolia. Kurang dari 30 tahun, atau dua generasi, memisahkan negara bagian Seljuk pertama Tuğrul Bey dengan Seljuk dari Rum pada tahun 1071. Itu adalah Seljuk yang membawa keyakinan Islam ke Turki.
Serangan Turki Seljuk ke Anatolia sebelum Pertempuran Manzikert terdiri dari serangkaian serangan destruktif yang mencari petualangan, yang bertujuan untuk menjarah barang rampasan. Penggerebekan ini menggunakan gaya perang pemanah berkuda yang sebelumnya tak terlihat. Orang-orang Turki berusaha untuk menyita ternak, untuk mengamankan ruang untuk menggembalakan ternak mereka, dan menangkap tawanan untuk tebusan.
Orang Turki ini bertindak atas nama, atau secara mandiri dari sultan. Lazimnya, setelah melakukan penggerebekan mereka akan kembali ke timur ke pangkalan utamanyda di Iran utara. Ini karena mereka tidak ingin tetap tinggal di negara itu setelah penjarahan mereka selesai.
Namun, setelah Pertempuran Manzikert, situasinya berubah. Mereka sekarang dapat menetap di Anatolia dan membangun tanah air untuk diri mereka sendiri. Saat suku-suku nomaden ini maju ke utara dan barat, mereka menemukan mata pencaharian yang menguntungkan di wilayah tersebut dengan menjadi petani menetap dan peternak.
Setelah Pertempuran Manzikert, ada dua kekuatan Turki yang terkenal di wilayah tersebut: Seljuk di wilayah selatan dan suku Danishmendid ("Orang-Orang yang Dipelajari") di utara di wilayah Tokat. Kedua kelompok Turki yang bersaing ini akan berinteraksi untuk bertahun-tahun yang akan datang, secara bergantian sebagai musuh dan sekutu.
Kedua kelompok ini beroperasi di tengah-tengah susunan politik dan etnis Anatolia yang kompleks pada saat itu. Mereka berebut soal benteng orang Latin, kota Bizantium, koloni pedagang di wilayah Venesia dan Genoa, soal kelompk Ksatria St. John di Mediterania, Yunani di barat, dan Armenia dan Georgia di timur. Namun, pada akhirnya, Seljuk dari Rum menang dan menciptakan Kekaisaran yang meletakkan basis bagi negara yang sekarang dikenal sebagai Turki.
Orang Seljuk lebih dari sekadar pembangun hebat. Untuk periode singkat keberadaannya, Seljuk dari Anatolia menciptakan kerajaan berdasarkan kekuatan militer, perdagangan, pendidikan dan budaya. Hebatnya, gerbang budaya yang diciptakan oleh Seljuk mampu memengaruhi seluruh Timur Tengah dan Eropa.
Anatolia pada abad ke-13 menghasilkan tiga tokoh besar dalam dunia humanisme: Mevlana Celaleddin Rumi (Maulana Jalaluddin Rumi) (1207-1273), Haci Bektas Veli (1210-1271), dan Yunus Emre (1238-1320). Sarjana Sufi Ibnu Arabi juga menghabiskan banyak waktu di Seljuk Turki.
Sebagai perbandingan, hanya setengah abad setelah ketiga humanis Turki ini, muncullah tiga humanis besar dari Barat: Dante (1265-1321), Petrarch (1304-1374) dan Boccaccio (1313-1375). Mereka terinspirasi atau tergoda pada prestasi orang dan aktivitas budaya orang Seljuk.
Sastra berkembang pesat selama periode Seljuk. Di bawah Seljuk Anatolia, Konya pada abad ke-13 adalah situs salah satu penciptaan kemuliaan sastra klasik Persia: sajak Mesnevi (Masnawi) oleh Jalal al-Din Rumi, yang dikenal oleh orang Turki sebagai Mevlana ("Tuan Kami") yang ditulis di wilayah ini pada tahun 1258-1273. Meskipun bahasa Arab digunakan di Masjid, dan bahasa Persia di istana, namun bahasa Turki digunakan dalam percakapan sehari-hari di jalanan dan di ketentaraan. Belakangan, itu muncul dalam sastra, terutama dengan puisi rakyat Yunus Emre (1240?-1321).
Kaum Seljuk dari Rum adalah kelompok kosmopolitan, karena mereka berhubungan dengan tradisi penduduk Bizantium dan Kristen yang tinggal di Anatolia saat ini (Yunani, Bizantium, Latin, dan Armenia). Keluarga Seljuk juga menandatangani perjanjian perdagangan dengan Genoa dan Venesia, dan beberapa sultan menghabiskan waktu selama masa muda mereka di istana Bizantium di Konstantinopel (terutama Giyaseddin Keyhüsrev, bersama dengan putranya, Izzeddin Keykavüs dan Alaeddin Keykubad).
Pernikahan politik dengan putri Bizantium dan Arab sering terjadi. Dengan demikian, orang Seljuk memperluas pandangan dunia mereka melalui kontak dengan Kristen Barat, selain tradisi yang diwarisi dari orang Arab dan Persia.
Dunia Seljuk tiba-tiba mengalami kewalahan pada tahun 1243 oleh invasi bangsa Mongol yang menghancurkan. Para Seljuk Anatolia menjadi pengikut Mongol, meski kekaisaran ini akhirnya runtuh pada tahun 1308 menjadi serangkaian kerajaan lokal yang akan memerintah selama seratus tahun atau lebih, sebelum kedatangan Ottoman.Rol
No comments:
Post a Comment